Selasa 09 Jul 2013 22:38 WIB

Islam Berseri di Kota Judi

macau
Foto:

Muslimin Macau biasa berkumpul di satu-satunya masjid yang mereka miliki. Kajian Islam seringkali dihelat disana. Masjid akan sangat ramai saat shalat jumat dan saat hari libur di akhir pekan. Saat hari raya, komunitas muslim tumpah ruah di masjid tersebut.

Tak hanya etnis Cina, namun juga para pekerja dan imigran asing muslim berpadu merayakan bersama hari raya. Namun pernah saat idul adha beberapa tahun lalu, sebagian mereka tak menyembelih hewan qurban. Mereka lebih memilih mendonasikan harta kepada korban bencana alam yang saat itu tengah marak terjadi di negara-negara Islam.

Adapun untuk makanan halal, muslim Macau pun tak banyak mengalami kesulitan. Sekarang ini telah banyak restoran halal di penjuru negeri. Sertifikasi halal banyak didapat restoran muslim yang kebanyakan menyediakan cita rasa India, diantaranya Aruna Indian Curry and Cafe, Indian Garden Restaurant, Taste of India, Spicy Garden, dan lain sebagainya. Selain cita rasa India, terdapat satu restauran Singapura "Three Monkey" dan restauran China "Niu Ji Halal Restaurant".

"Taste of India" merupakan restoran halal pertama yang dibuka di Macau. Macau Daily Times mengabarkan, butuh waktu tiga tahun bagi restoran tersebut mendapat sertifikasi halal. Sebelum restoran halal dibuka, umat Islam terutama muslimin pendatang baru kesulitan mencari pangan halal.

Alhasil, mereka hanya makan sayur dan buah. Seorang pendatang baru Macau asal Indonesia, Arkun (20 tahun) merupakan salah satunya. Ia mengaku kesulitan saat pertama kali tiba di Macau. Pasalnya, tak ada satu pun restoran halal di negeri destinasi pariwisata internasional tersebut. ''Tidak mudah menemukan sebuah restoran dengan makanan yang tepat bagi Muslim di Macau,'' ujarnya dikutip dari Macau Daily Times.

Mengatasi kesulitan muslim sebagaimana yang dialami Arkun tersebut, terdapat sebuah web online yang dibuat muslim Macau untuk memberi segala info tentang kebutuhan muslim, terutama restoran dan tempat belanja halal. Segala info lokasi jual beli item halal di Macau dapat dicari melalui laman web yang dibuat tahun 2009 lalu. Web dengan alamat islaminmacau.com tersebut pun menjadi panduan muslim Macau terutama para muslim pendatang baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement