Senin, 11 Rajab 1440 / 18 Maret 2019

Senin, 11 Rajab 1440 / 18 Maret 2019

Alhamdulillah, Mantan Sipir Penjara Guantanamo Masuk Islam

Kamis 16 Okt 2014 10:27 WIB

Rep: c64/ Red: Erdy Nasrul

Penjara Guantanamo di Kuba

Penjara Guantanamo di Kuba

Foto: AP/Brennan Linsley

REPUBLIKA.CO.ID, ALABAMA -- Seorang mantan sipir penjara di Teluk Guantanamo memutuskan untuk memeluk Islam, setelah berbulan-bulan ia bercakap dengan beberapa tahanan Muslim, pada tengah malam.

Mantan sipil, Terry Holdbrooks Jr, pria berusia 29 tahun asal Huntsville Alabama, Amerika Serikat mengakui dirinya mendapatkan pelajaran penting serta kisah dari beberapa tahanan Muslim yang ada di penjara Guantanamo, //World Bulletin//, Rabu (15/10) mengabarkan.

"Ketika saya harus mengetahui para tahanan, saya pun harus mempelajari kisah-kisah mereka selama shift malam. Dan, saya datang untuk melihat tahanan itu sebagai individu," ujarnya

Ia melanjutkan, banyak dari para tahanan banyak berbicara tentang hal yang sama saya lakukan, seperti etika, filsafat, sejarah dan agama.

Setiap malam mendengar pelajaran ke pelajaran lain, dari kisah ke kisah lainnya, membuat Holdbrooks merenungkan semuanya. Terutama berbagai informasi negatif yang ia dapat dari para instrukturnya militer tentang Islam.

Setiap kali memahami, perlahan pandangannya tentang Islam pun mulai berubah. Bahkan, pada akhirnya ia memahami apa yang disebut teroris, selama ia mempelajarai tentang Islam.

Menurutnya, para tahanan yang disebut teroris itu, jauh berbeda dengan apa yang ia bayangkan selama ini. "Mereka membaca Al-Quran dan tetap melaksanakan shalat lima waktu, meskipun berada di bawah tekanan." jelas Holdbrooks.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA