Selasa 27 Feb 2024 00:05 WIB

Mengenal Sosok Mualaf Pertama di Masa Nabi Muhammad SAW

Ada yang meriwayatkan Ali bin Abu Thalib orang yang pertama sholat bersama Nabi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibnu Ishaq meriwayatkan bahwa Ali bin Abu Thalib Radhiyalahu anhu datang ke rumah Nabi Muhammad SAW ketika Nabi Muhammad SAW dan istrinya Khadijah sedang sholat.

Seusai Nabi Muhammad SAW dan Khadijah sholat, Ali bin Abu Thalib bertanya, “Muhammad, apakah yang engkau lakukan itu?"

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW menjawab, “Inilah agama Allah dan untuk itu Dia (Allah) mengutus utusan-Nya. Aku mengajak engkau untuk masuk ke jalan Allah Yang Maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan hendaklah engkau kafir kepada patung Latta dan Uzza.”

Ali bin Abu Thalib berkata, “Sesungguhnya ajakan ini sama sekali belum pernah aku dengar sampai hari ini. Karena itu, aku harus berunding dengan ayahku, Abu Thalib. Sebab, aku tidak dapat memutuskan sesuatu tanpa dia.”

Dikutip dari Kitab Al-Bidayah wan Nihayah, dilansir dari buku 150 Kisah Ali bin Abi Thalib yang ditulis Ahmad Abdul Al Thahthawi yang disunting, diterjemahkan, dan diterbitkan kembali PT Mizan Pustaka, 2016, Nabi Muhammad SAW mencegahnya karena khawatir kabar ajarannya akan menyebar sebelum diperintahkan Allah untuk disiarkan atau disebarkan. Nabi Muhammad SAW berkata, "Ali, jika engkau belum mau masuk Islam, sembunyikanlah dahulu kabar ini.”

Suatu malam, Allah SWT membukakan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement