Jumat 03 Sep 2010 20:52 WIB

Khutbah Bertenaga Penyanyi Rap Aljazair

Rep: Agung Sasongko/ Red: irf
Lotfi Double Kanon, penyanyi rap asal Aljazair
Foto: Alarabiya
Lotfi Double Kanon, penyanyi rap asal Aljazair

REPUBLIKA.CO.ID, ALGER--Penggemar dan kritikus musik rap Aljazair terkejut dengan kabar yang menyebutkan penyanyi rap kesayangan mereka, Lofti Double Kanon, memberikan khutbah selama bulan suci Ramadhan. Lofti Belamri, demikian nama asli penyanyi rap tersebut, diketahui telah memberikan khutbah di laman pribadinya dan jejaring video youtube. Seperti diberitakan Alarabiya, Kamis (2/9). Ketiadaan program khutbah berdialek Aljazair mendorong Kanon untuk berkhutbah dengan judul ramadhaneyat.

"Saya begitu terdorong ketika menyadari mayoritas penggemar saya tidak beragama dan tidak memiliki anutan," kata dia. Kanon juga menyebut kebanyakan aktivitas ulama Aljazair lebih banyak berdakwah di masjid sehingga para pemuda yang jarang ke masjid secara otomatis tidak memiliki kesempatan untuk mempelajari Islam. Tak hanya itu, Kanon menyoroti pula dakwah yang dilakukan para ulama lebih banyak menggunakan bahasa arab klasik sehingga mempersulit pemuda Aljazair mencernanya.

Berangkat dari hal itu, Kanon punya cara sendiri untuk mengenalkan Islam kepada pemuda Aljazair terutama para penggemarnya. Menurut Kanon, pemuda Aljazair harus mengenal Islam lebih dalam untuk menghindari adanya kesalahpahaman tentang Islam seperti yang dikatakan media Barat. "Semenjak awal karir saya, saya telah mengatakan saya mempunyai pesan. Berkhutbah adalah bagian dari penyampaian pesan itu," tuturnya.

Sebelum memulai usahanya, Kanon mengabarkan kepada penggemarnya melalui laman pribadi. Selanjutnya, Kanon mempersiapkan materi yang ingin disampaikan. Materi itu kemudian banyak terfokus pada Ramadhan dan makna puasa. Kedua materi ini dinilai Kanon merupakan cara untuk mendorong pemuda mengetahui esensi dari puasa. "Puasa tidak hanya menahan lapar tetapi juga menjaga seseorang dari segala macam dosa," terangnya.

Tidak berbeda

Dalam mempersiapkan diri untuk berdakwah, Kanon kembali mendalami Islam. Menurut dia, tidaklah bertanggung jawab bila berdakwah tapi tidak mengetahui esensi dari Islam. "Saya mulai kembali membaca berbagai materi agama. Nantinya saya akan menjelaskan kepada mereka dengan bahasa yang sederhana," ujarnya.

Apa yang dilakukan Kanon segera mendapat respons dari penggemarnya. Peningkatan jumlah pengakses laman pribadinya menjadi bukti. Bila dijumlah sudah 200 ribu penggemar dari berbagai belahan dunia yang telah mengunjungi situsnya. Kanon juga mendapat pujian dari Kementerian Agama Aljazair karena usahanya untuk mendorong pemuda Aljazair mengenal Islam.

Berbicara tentang karir, Kanon mengaku tidak akan mengundurkan diri dari industri hiburan. Dia tetap berkarya sembari berdakwah. Double Kanon, yang kini menetap di Paris, merupakan pribadi yang dermawan. Setiap tahunnya, dia membagikan 10 ribu buku kepada anak-anak yang akan memulai tahun ajaran baru. Dia juga menyumbangkan domba kepada masyarakat miskin Greater Bairam, Annaba yang merupakan tempat tinggalnya sewaktu kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement