Sabtu 26 Jun 2010 07:34 WIB

Porseni Antarpesantren akan Digelar di Sidoarjo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional  (Pospenas) V  tahun 2010  akan digelar di Sidoarjo, Jawa timur, 5-11 Juli 2010. Acara yang bakal diikuti lima ribu olahragawan, seniman, dan official dari seluruh Indonesia ini akan memperebutkan 176 medali emas.

Menurut Pelaksana Tugas Dirjen Pendidikan Islam, Machasin,  penyelenggaraan Pospenas ini dalam rangka memacu peningkatan ponpes sebagai salah satu basis pembangunan bangsa yang sehat. "Pospenas menjadi ajang menggali potensi para santri  di bidang olahraga dan seni, sekaligus menjadi momentum yang berfungsi sebagai wahana perekat kerukunan dan silaturahmi persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di kalangan masyarakat pondok pesantren," ujarnya.

 

Tema Pospenas adalah “dengan semangat Pospenas V 2010, kita lestarikan nilai kemanusiaan dan nasionalisme dalam membangun karakter bangsa yang berakhlakul karimah.”

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, kata Machasin, sebagai upaya ikut membangun sumber daya manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas, unggul, sportif dan berdaya saing. “Termasuk meningkatkan budaya berolahraga dan seni yang bernuansa Islam dalam rangka membina khasanah olahraga dan seni budaya bangsa,” tambahnya.

 

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan altletik, sepak bola, bulu tangkis, silat, sepak takraw, bola voli, karate, renang, bola basket, panahan, anggar, catur dan senam santri. Cabang seni yang diperlombakan, qasidah, santri idol, kaligrafi, pidato tiga bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris) Baca Puisi, puitisasi kandungan Al Quran, fotogragfi Islami, fragmen Islami, dan seni kriya.   

 

Dalam Pospenas ini juga akan digelar pesantren expo, berupa pameran hasil kerajinan santri dan bazaar, juga akan dilaksanakan Bahtsul Masail  diikuti oleh kyai/ulama/pimpinan pontren se Indonesia  dan sarasehan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement