Rabu 04 Mar 2015 21:42 WIB
IBF 2015

Gerakan Ayo Membaca Bangkitkan Budaya Literasi Indonesia

Rep: c08/ Red: Agung Sasongko
Pengunjung melihat koleksi pada stand penerbit Republika di pameran Islamic Book Fair ke-14 2015 di Istora senayan, Jakarta, Jumat (27/2).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pengunjung melihat koleksi pada stand penerbit Republika di pameran Islamic Book Fair ke-14 2015 di Istora senayan, Jakarta, Jumat (27/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta Afrizal Sinaro mendukung diluncurkannya Gerakan  Ayo Membaca Indonesia yang digagas oleh Yayasan Ayo Membaca Indonesia (AMInd). Menurut Afrizal, apa-apa yang ditawarkan oleh gagasan tersebut dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat Indonesia untuk menuju sebagai masyarakat yang cerdas.

“Ini sebagai langkah awal, IKAPI pasti mendukung, karena membaca adalah langkah untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan cerdas,” kata Afrizal kepada ROL, Rabu (4/3).

Apalagi, kata dia, gerakan ini muncul dari kalangan masyarakat yang ingin mengubah agar budaya literasi di Indonesia terus ditingkatkan. Ide ini menurut Afrizal harus disambut baik oleh seluruh kalangan masyarakat baik itu pemerintah, komunitas ataupun masyarakat biasa.

Afrizal menjelaskan faktanya saat ini budaya  membaca di masyarakat Indonesia saat ini masih rendah. Baik itu fakta dari dunia internasional ataupun berdasarkan riset dari dalam negeri. Untuk itu, inilah saatnya bagi Indonesia untuk mulai meningkatkan kualitas setiap diri masyarakat dengan menggiatkan kegemaran membaca. Tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga dimulai dari anak-anak usia dini.

Sebuah negara maju kata Afrizal akan terwujud bila masyarakat sebagai elemen penting di dalamnya gemar membaca dan punya pengetahuan dan wawasan yang luas. “Tanpa membaca buku, kita tidak akan tahu, tanpa membaca kita tidak akan cerdas. Benar yang dikatakan Pak Dedi Panigoro (Ketua AMInd) membaca itu untuk memberantas kebodohan, kemiskinan dan korupsi,” ujar Afrizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement