Kamis 29 Sep 2016 18:15 WIB

Baru Ada 13 Ma'had Aly di Indonesia

Mahasantri Mahad Al-Aly, UIN Malang.
Mahasantri Mahad Al-Aly, UIN Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, PATI -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin mengungkap, jumlah Ma'had Aly saat sebanyak 13 Ma'had Aly, salah satunya di Kajen, Margoyoso, Pati. "Untuk wilayah Jateng terdapat dua Ma'had Aly. Jumlah yang ada sekarang masih memungkinkan bertambah," ujarnya, Kamis (29/9).

Saat ini, katanya, akan konsentrasi pada 13 Ma'had Aly yang tersebar di sejumlah daerah di Tanah Air dengan program studi fiqh dan ushul fiqh, akidah,  dan filsafat Islam, tafsir dan ilmu tafsir, serta sejarah dan peradaban Islam maupun beberapa program studi lainnya.

Perkembangannya selama lima tahun ke depan, kata dia, akan dilihat, jika perlu ditambah tentu akan dilakukan, sebaliknya jika belum perlu ada penambahan tentu akan fokus untuk 13 Ma'had Aly tersebut.

Dengan adanya Ma'had Aly, diharapkan lahir lulusan yang ahli dalam bidang ilmu agama Islam dan mengembangkan ilmu agama Islam berbasis kitab kuning.

"Ma'had Aly merupakan wujud pelembagaan sistemik tradisi intelektual pesantren tingkat tinggi yang keberadaannya melekat pada pendidikan pesantren. Secara kelembagaan, posisi Ma'had Aly merupakan jenjang Pendidikan Tinggi Keagamaan pada jalur Pendidikan Diniyah Formal," ujarnya.

Untuk membangun keunggulan dengan integritas akademik yang tinggi, kata dia, setiap Ma'had Aly hanya diberikan izin penyelenggaraan untuk satu program studi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement