Selasa 03 Mar 2015 18:05 WIB
IBF 2015

Umat Islam Diminta Jangan Tinggalkan Tuntunan Allah

Rep: c08/ Red: Agung Sasongko
Pengenalan baca Alquran di Bundaran HI HI, Jakarta Pusat, Ahad (4/12).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pengenalan baca Alquran di Bundaran HI HI, Jakarta Pusat, Ahad (4/12).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Rokhmin Dahuri mengingatkan agar umat Islam tidak meninggalkan tuntunan Allah dalam menjalankan peranannya di masyarakat. Sebab, apapun latar belakang ilmu yang diperoleh umat Islam baik itu ilmu dari Barat, pegangan atas ajaran Allah menurut Rokhmin harus tetap dijaga karena tuntunan Allah tidak punya bandingan atas ilmu-ilmu lain.

"Umat Islam jangan sekali-sekali tinggalkan tuntunan Allah SWT. Orang barat saja itu meniru ajaran Islam. Makanya kita sendiri sebagai Umat Islam harus ikut menjaga," kata Rokhmin dalam Talkshow “Menggugat Peran Umat Islam untuk Masa Depan Indonesia” Islamic Book Fair di Istora Senayan Jakarta, Selasa (3/3).

Rokhmin mencontohkan sistem keuangan syariah yang diterapkan di Inggris. Negeri Ratu Elizabeth itu kata Rokhmin menyadari bahwa sistem keuangan syariah dipercaya sebagai siatem yang kuat untuk menjaga kestabilan keuangan.

Atas dasar itu, kata Prof Rokhmin, umat Islam harus menyadari bahwa apapun ajaran yang diturunkan oleh sang maha pencipta harus konsisten dijalankan oleh umat Islam sendiri karena terbukti mempunyai kebaikan yang juga dikagumi oleh orang-orang non muslim.

"Gaya hidup Islami itu tidak ada yang boros. Selama ini negara barat kan boros. Makanya mereka percaya cara pengelolaan keuangan Islam yang tidak boros," ujar Rokhmin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement