Selasa 08 Oct 2024 20:04 WIB

2 Nama Asmaul Husna yang Allah SWT Berikan untuk Nabi Muhammad SAW

Allah SWT mempunyai 99 nama yang agung atau asmau husna

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Allah SWT mempunyai 99 nama yang agung atau asmau husna
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Allah SWT mempunyai 99 nama yang agung atau asmau husna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Allah SWT memberikan dua nama kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu Ar-Rauf (Pengasih) dan Ar-Rahim (Penyayang).

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

"Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin."

Dikutip dari Masrawy, Selasa (8/10/2024), Syekh Salamah mengatakan, Allah SWT menyebut dan memanggil Rasulullah SAW dengan panggilan banyak sekali dalam Alquran, di antara panggilan yang paling penting yang menunjukkan keagungan kedudukan beliau di sisi Tuhannya, adalah ucapan kasih sayang adalah ketika Allah hendak menghukumnya.

Allah SWT tidak langsung menghukum beliau, tetapi memulainya dengan kebaikan, dengan mengatakan:

عَفَا اللَّهُ عَنْكَ لِمَ أَذِنْتَ لَهُمْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَتَعْلَمَ الْكَاذِبِينَ

"Semoga Allah memaafkanmu. Mengapa kamu memberi izin kepada mereka (untuk tidak pergi berperang), sebelum jelas bagimu orang-orang yang benar (dalam keuzurannya) dan sebelum kamu ketahui orang-orang yang berdusta?" (QS at-taubah: 43).

Allah SWT memberikan pengampunan dan kebaikan sebelum menghukum, dan hal ini menunjukkan keagungan kedudukan Rasulullah SAW di sisi Tuhannya.

Syekh Salamah menambahkan, Allah telah mengampuni dosa-dosa Rasulullah SAW, baik yang telah lalu maupun yang akan datang. 

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

"Ya, Allah mengampuninya, memudahkannya, bersabar terhadapnya, dan selalu bersamanya," kata Syekh Salamah

وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا ۖ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ

"Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri." (QS at-Tur: 48)

Menurut Syekh Salamah, Allah SWT mengambil perjanjian atas para nabi untuk beriman kepadanya, karena tidak ada seorang nabi pun kecuali Allah SWT mengambil perjanjian atasnya, sehingga dia mengakui Muhammad SAW untuk beriman kepada-Nya dan mendukung-Nya.

Allah SWT mempunyai...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement