Rabu 02 Oct 2024 14:49 WIB

Israel Rencanakan Pembunuhan untuk Balas Rudal Iran, Targetkan Imam Khamenei?

Ayatollah Ali Khamenei dievakuasi ke lokasi aman di Iran.

Rudal Balistik Iran (Ilustrasi)
Foto: AP Photo/Ohad Zwigenberg
Rudal Balistik Iran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kawasan Timur Tengah diprediksi akan mengalami perang regional besar-besaran usai serangan rudal balistik Iran ke Tel Aviv, Israel, untuk membalas pembunuhan para pejabat tinggi Hizbullah. Axios melaporkan, Israel akan menargetkan fasilitas produksi minyak di dalam Iran dan lokasi strategis lainnya dalam lakon serangan berikutnya. Tak hanya itu, Israel juga dilaporkan tengah menargetkan pembunuhan langsung terhadap Iran. 

Israel dan Iran tidak pernah sedekat ini untuk membuka front baru dan jauh lebih berbahaya dalam perang yang telah melanda Timur Tengah. Setelah melakukan serangan pada Selasa, Iran mengancam akan kembali melakukan serangan jika Israel menanggapi serangan 200 rudal balistik tersebut. Jika itu terjadi, pejabat Israel mengatakan semua opsi akan tersedia—termasuk serangan terhadap fasilitas nuklir Iran.

Baca Juga

"Kami memiliki tanda tanya besar tentang bagaimana Iran akan menanggapi serangan, tetapi kami mempertimbangkan kemungkinan bahwa mereka akan melakukan semuanya, yang akan menjadi permainan bola yang sama sekali berbeda," kata seorang pejabat Israel, kepada Axios.

photo
Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.- (EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH)

Banyak pejabat Israel menunjuk fasilitas minyak Iran sebagai target, tetapi beberapa pejabat lainnya mengatakan pembunuhan yang ditargetkan. Penghancuran sistem pertahanan udara Iran juga menjadi opsi.

Respons Israel dapat mencakup serangan udara dari jet tempur serta operasi rahasia yang mirip dengan yang menewaskan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dua bulan lalu.

Serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran terhadap Israel pada bulan April dijawab oleh serangan Israel yang sangat terbatas terhadap baterai pertahanan udara S-300 di Iran dan mengakhiri pertukaran serangan langsung. Kali ini pembalasan Israel akan jauh lebih signifikan, kata pejabat Israel.

Kabinet keamanan Israel bersidang pada hari Selasa di bunker bawah tanah pemerintah di dalam gunung dekat Yerusalem. Pertemuan dimulai saat gelombang pertama rudal balistik Iran menuju Israel.

Banyak rudal Iran yang dicegat oleh sistem pertahanan rudal Israel dan AS. Rudal yang tidak dicegat sebagian besar menghantam area terbuka dekat pangkalan angkatan udara di Israel selatan, markas Mossad, dan pangkalan intelijen militer di utara Tel Aviv.

Seorang pejabat pertahanan Israel mengatakan kepada Axios bahwa puluhan rudal Iran ditembakkan ke markas Mossad tetapi tidak ada yang mengenai bagian dalam kompleks tersebut. Di puncak rapat kabinet keamanan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengisyaratkan langkah Israel selanjutnya. "Iran membuat kesalahan besar malam ini dan akan membayarnya," kata Netanyahu dalam sebuah video yang dirilis kantornya.

 

 

Khamenei dievakuasi..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement