Rabu 18 Sep 2024 10:03 WIB

Ribuan Pagernya Ditanami Bom untuk Serang Lebanon, Ini Pernyataan Resmi Gold Apollo Taiwan

Hsu menyatakan, pager dalam ledakan tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan Eropa.

Penampakan salah satu pager yang meledak di Lebanon akibat sabotase Israel pada Selasa (17/9/2024).
Foto:

Dalam serangkaian ledakan pager yang mematikan di Lebanon baru-baru ini, sebuah perangkat dari Apollo Pagers, sebuah perusahaan Taiwan yang didirikan pada tahun 1980-an, menjadi media yang ditanam bahan peledak.

Alphanumeric Pager (AP-900) yang diproduksi oleh Gold Apollo Co, Ltd telah diidentifikasi sebagai salah satu perangkat yang meledak dan menewaskan serta melukai banyak orang di Lebanon.

Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 2.750 orang lainnya, termasuk militan Hizbullah dan petugas medis, terluka ketika alat pager tersebut meledak di Lebanon.

 

Berbagai spekulasi muncul seputar bagaimana perangkat tersebut dapat meledak dan menyebabkan korban jiwa yang begitu banyak, terutama pager seperti AP-900 yang beroperasi dengan baterai alkaline AAA.Investigasi awal menunjukkan bahwa konfigurasi baterai standar pager tidak mungkin menjadi penyebab ledakan.

Sebaliknya, pihak berwenang condong ke arah kemungkinan bahwa perangkat tersebut sengaja dipasangi bahan peledak.

Jika bahan peledak dipasang di dalam perangkat sebelum sampai ke tangan anggota Hizbullah, maka dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan ketika diledakkan oleh sinyal.

 

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement