Selasa 10 Sep 2024 19:50 WIB

PBNU Wujudkan Dukungan untuk Rakyat Palestina Lewat Bantuan Kemanusiaan

Melalui NU Care LAZISNU, PBNU berikan bantuan untuk rakyat Palestina

PBNU memberikan bantuan kepada korban genosida Israel.
Foto:

Faqih juga mengatakan bahwa pihaknya akan kembali menyalurkan bantuan untuk rakyat Palestina secara langsung, sehingga kolaborasi dengan NU Care-LAZISNU dapat terus dilakukan.

Sementara itu Direktur Timur Tengah pada Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Ahrul Tsani Fathurrahman mengungkapkan dukungan bagi rakyat Palestina telah berkali-kali diupayakan Pemerintah Indonesia.

Dukungan tersebut juga melibatkan peran berbagai pihak termasuk PBNU melalui NU Care-LAZISNU.

”Kami di pemerintahan tentunya tidak bisa melaksanakan itu semua secara penuh tanpa bantuan dan dukungan dari Bapak-Ibu sekalian di ormas dan khususnya di LAZISNU. Atas nama Pemerintah tentunya kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu sekalian di LAZISNU yang telah memiliki komitmen terus untuk membantu Palestina,” ujarnya.

Ahrul Tsani mengatakan dalam isu kemerdekaan Palestina Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan gagasan di berbagai forum.

Selain itu bantuan untuk pengungsi Palestina sejak kejadian penyerangan Israel ke Palestina pada Oktober 2023 telah dilakukan.

“Pengiriman langsung bantuan di bulan November 2023 dilakukan dua kali. Kemudian ada juga bantuan yang dibawa oleh kapal. Selanjutnya ada juga bantuan yang bekerja sama dengan Pemerintah Yordania dengan cara dijatuhkan dari udara melalui parasut.

Itu juga sudah Indonesia lakukan. Indonesia juga melalui organisasi internasional di bawah PBB yang memiliki wewenang mengurus pengungsi,” kata Ahrul Tsani.

Indonesia juga menaikkan iuran rutin yang awalnya 200 ribu dolar AS setiap tahun, sejak 2024 Pemerintah Indonesia berkomitmen menaikkan menjadi 1,2 juta dolar AS.

Selain iuran yang sifatnya rutin tahunan, Indonesia juga secara akan memberikan hibah sebanyak 2 juta dolar AS. Belum lagi bantuan melalui International Labour Organization (ILO)/Organisasi Buruh Internasional, penanganan polio.

 

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement