Kamis 05 Sep 2024 06:03 WIB

Fitnah Mesir, Netanyahu Dikutuk Negara-Negara Arab

Netanyahu menuding Hamas menerima senjata dari Mesir.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Benjamin Netanyahu
Foto:

Yordania

Yordania menyatakan dukungannya terhadap Mesir dalam menolak klaim Israel. Pemerintah Yordania meminta pertanggungjawaban Israel atas konsekuensi penyebaran tuduhan tidak berdasar tersebut dan menegaskan kembali dukungannya terhadap posisi Mesir.

Qatar

Qatar juga menolak komentar Netanyahu, menyatakan solidaritas penuh dengan Mesir. Kementerian Luar Negeri Qatar merilis pernyataan yang mengkritik pernyataan Netanyahu sebagai upaya untuk mengalihkan opini publik Israel dan menghalangi upaya mediasi yang sedang berlangsung.

Palestina

Kepresidenan Palestina mengecam pernyataan Netanyahu sebagai upaya untuk mengalihkan perhatian publik Israel dan menghambat upaya mediasi.

Oman

Kesultanan Oman menyatakan dukungannya terhadap Mesir. Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Oman menyatakan, solidaritas dan dukungan penuh Oman terhadap Republik Arab Mesir yang bersaudara dalam menolak dan mengutuk pernyataan yang dibuat oleh pemerintah pendudukan Israel mengenai Koridor Philadelphia di Jalur Gaza.

Kementerian tersebut juga memperingatkan konsekuensi dari pernyataan provokatif ini, yang katanya ditujukan untuk melemahkan upaya mediasi oleh Mesir, Qatar, dan Amerika Serikat untuk mengamankan gencatan senjata permanen yang akan mengakhiri penderitaan rakyat Palestina dan memungkinkan mereka untuk mencapai hak-hak mereka yang sah, termasuk pembentukan negara merdeka.

Dewan Kerja Sama Teluk

Sekretaris Jenderal GCC, Jasem Mohamed Al-Budaiwi menyatakan solidaritas penuh Dewan dengan Mesir dalam menanggapi pernyataan Netanyahu.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs web resmi dewan pada hari Selasa, Al-Budaiwi mengecam pernyataan provokatif tersebut, dengan menegaskan bahwa pernyataan tersebut bertujuan untuk mendistorsi citra Mesir dan melemahkan peran kepemimpinannya yang signifikan di kawasan tersebut, serta upayanya yang jelas dan nyata dalam memediasi penyelesaian krisis di Gaza.

Ia menekankan peran penting Mesir dalam meningkatkan stabilitas regional dan internasional melalui upaya mediasi yang berkelanjutan untuk mencapai ketenangan, mengamankan gencatan senjata di Gaza, dan meringankan penderitaan rakyat Palestina sejak krisis dimulai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement