Jumat 26 Jul 2024 09:20 WIB

Kata Media di Amerika Soal Netanyahu 'Bohong' Ketika Pidato di Kongres

Netanyahu orang yang paling bertanggung jawab atas kematian banyak orang di Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
Foto: EPA-EFE/GIL COHEN-MAGEN / POOL
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Media AS melaporkan bahwa pemimpin Israel Benjamin Netanyahu memutarbalikkan tindakan tentaranya di Jalur Gaza, yang oleh banyak orang dikatakan sebagai genosida, dan berusaha menutupi fakta dalam pidatonya di hadapan Kongres AS, Kamis (25/7).

Berdasarkan pantauan Anadolu, "Distorsi" terbesar yang dilakukan Netanyahu, sebagaimana diberitakan media massa di Amerika, selama pidatonya yang berlangsung hampir satu jam pada Selasa (23/7) adalah ketika dia mengklaim bahwa tidak ada warga sipil yang tewas di selatan kota Rafah, yang diserbu militer Israel pada awal Mei. Padahal banyak laporan tentang serangan udara dan pemboman yang mengakibatkan banyak korban di kota Gaza.

Baca Juga

Banyak anggota parlemen Demokrat yang melewatkan pidato tersebut, dan pengunjuk rasa pro-Palestina berdemonstrasi di luar gedung Capitol tempat dia berpidato dan di hotelnya.

"Netanyahu, yang popularitasnya telah anjlok dari tingkat sebelum perang, bertujuan untuk menggambarkan dirinya sebagai negarawan yang dihormati oleh sekutu terpenting Israel dan disambut di Washington," tulis The Associated Press.

"Tugas itu diperumit oleh pandangan orang Amerika yang semakin terbagi tentang Israel dan perang, yang telah muncul sebagai isu utama dalam pemilihan presiden AS," tambahnya.

Netanyahu mendistorsi peran Israel di Gaza

The Washington Post menunjukkan bahwa keangkuhan Netanyahu tentang mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Palestina bertentangan dengan pernyataan PBB dan organisasi bantuan internasional.

Benny Gantz, pemimpin Partai Persatuan Nasional oposisi Israel, menuduh Netanyahu sengaja menunda perjanjian gencatan senjata selama berbulan-bulan.

Namun, surat kabar itu menekankan bahwa Netanyahu berusaha untuk menyajikan "gambaran" yang sangat berbeda dalam pidatonya, dengan mengklaim bahwa jika kelompok perlawanan Palestina, Hamas, menyerah dan membebaskan semua sandera, perang akan berakhir.

Politico menulis bahwa Netanyahu menolak tuduhan tentang serangan Israel di Gaza.

Mereka memperkirakan bahwa pidato itu tidak akan menyebabkan perubahan signifikan dalam dukungan untuk Israel di antara Partai Republik dan Demokrat.

CNN mengatakan Netanyahu "secara keliru meremehkan dan mengalihkan perhatian pada peran Israel dalam menyebabkan pertikaian sipil yang sedang berlangsung di Gaza."

CNN mencatat bahwa sebagian besar pidatonya, pemimpin Israel itu berfokus pada "perang yang sedang berlangsung dan membidik pada musuh-musuhnya - Iran, Mahkamah Pidana Internasional, dan para pengunjuk rasa."

Netanyahu menghadapi penolakan

Tokoh-tokoh terkemuka di Kongres Amerika, termasuk Senator Bernie Sanders dan mantan ketua DPR AS Nancy Pelosi, mengkritik "penjahat perang" tersebut.

"Ini akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah Amerika seorang penjahat perang diberi kehormatan. Dia seharusnya tidak diterima di Kongres Amerika Serikat," kata Sanders pada Selasa.

Pelosi menanggapi di platform X dan berkata: "Presentasi Benjamin Netanyahu di Ruang DPR hari ini sejauh ini merupakan presentasi terburuk dari semua pejabat asing yang diundang dan diberi kehormatan untuk berpidato di hadapan Kongres Amerika Serikat."

Rashida Tlaib, satu-satunya anggota Kongres Palestina-Amerika, mengatakan tentang tepuk tangan meriah Netanyahu di aula kongres: "Saya ada di sana dan itu menjijikkan."

Dia memegang plakat kecil dua sisi yang bertuliskan: "Penjahat perang" di satu sisi dan "Bersalah atas Genosida" di sisi lainnya selama pidato Netanyahu.

Ribuan pendukung pro-Palestina mengorganisir demonstrasi di jalan-jalan Washington, di sekitar dan di dalam hotel tempat Netanyahu menginap.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement