Senin 15 Jul 2024 08:39 WIB

Ali Moustafa Mosharafa, Sahabat Einstein yang Diduga Tewas di Tangan Mossad

Einstein berduka atas kematian Ali Moustafa Mosharafa

Ali Moustafa Mosharafa
Foto:

Keluarganya dikenal sebagai orang yang saleh dan menyukai sains. Ayahnya adalah seorang sarjana agama yang bekerja di Sekolah Gamal al-Din al-Afghani bernama Mohammed Abdou.

Sejak kecil, Mosharafa dekat dengan Alquran. Dia selalu diajarkan dalam memahami ilmu sains dihubungkan dengan kehadiran Allah SWT. Meski dikenal sebagai murid paling muda di kelasnya, dia mampu menggunguli seluruh kawannya dan termasuk murid paling cerdas. Sebab kecerdasan dan karakternya, sang guru memanggilnya dengan panggilan 'tuan'.

Mosharafa pernah mendapat sertifikat murid unggul tingkat nasional pada 1910. Pada 1914, saat  berusia 16 tahun, dia mendapat gelar baccalaureate (diploma) dan dia menjadi mahasiswa termuda yang mendapatkan gelar tersebut. Pada 1917 berkat kepandaiannya dalam bidang matematika, dia dinyatakan lulus. Kemudian, Kementerian Pendidikan Mesir mengirimnya ke Inggris dan mendapat gelar Sarjana Sains dari Universitas Nottingham pada 1920.

Kemudian, Universitas Mesir memberikan beasiswa lain untuk disertasi doktornya. Dia memperoleh gelar Phd dalam waktu yang singkat pada 1924 dari King's College London.

Pada 1924, Mosharafa dianugerahi gelar doctor of science. Dia merupakan ilmuwan Mesir yang menjadi 11 orang pertama di seluruh dunia untuk memperoleh gelar itu.

Selama menempuh pendidikan di London, Mosharafa banyak menerbitkan penelitian ilmiahnya di majalah sains terkemuka. Ketika kembali ke Mesir, dia menjadi guru di Perguruan Tinggi Keguruan. Kemudian setelah Universitas Kairo dibuka, dia menjadi asisten profesor matematika di fakultas sains.

Dia belum bisa menjabat sebagai profesor karena usia minimal menjadi profesor adalah 30 tahun. Pada 1926 Mosharafa baru diangkat sebagai profesor oleh parlemen yang diketuai Saad Zaghloul.

Selanjutnya...

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement