Kamis 11 Jul 2024 15:07 WIB

Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke Indonesia Viral, Ini Sebabnya

Kehadiran Syekh Al-Azhar ke Indonesia diharapkan membawa pesan perdamaian.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainil Majdi selaku Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (kiri) dengan Grand Syekh al-Azhar Prof Dr Ahmed al-Tayeb.
Foto: dok ist
Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainil Majdi selaku Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (kiri) dengan Grand Syekh al-Azhar Prof Dr Ahmed al-Tayeb.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunjungan Grand Syekh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Tayeb ke Indonesia yang dimulai sejak Senin, 8 Juli 2024 menjadi sorotan utama media pemberitaan, tidak terkecuali di media sosial (medsos). Kedatangan imam besar disambut dengan antusiasme tinggi oleh masyarakat dan tokoh-tokoh penting di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Imam Besar Al Azhar di Istana Merdeka, didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa, (9/7/2024)

Baca Juga

Grand Syekh Ahmad Thayib yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Hukama Muslimin (MHM), mengunjungi Indonesia dalam rangka mempererat hubungan antar komunitas Muslim serta memperkuat moderasi Islam. Dalam kunjungannya, dia bertemu dengan berbagai tokoh agama, cendekiawan, dan komunitas Muslim di Indonesia serta lembaga pendidikan, untuk membahas isu-isu penting yang berkaitan dengan keagamaan, kemasyarakatan, dan moderasi.

Dalam pantauan pemerhati media sosial, Reza Adiluhung mengatakan bahwa keyword "Majelis Hukama" menempati urutan pertama pada trending topic Twitter "X" pada jam 12.48 WIB, Rabu (10/7/2024). Kemudian disusul oleh hashtag #muslimelderindonesia menempati posisi ke-2. 

Dalam salah satu postingnya, Fani (@cymoy) mengatakan, “Kalian tau gak si kedatangan Grand Syekh Al Azhar Prof. DR. Ahmed Al-Tayeb, ketua Majelis Hukama Muslimin ke indonesia ini menjadi momentum bersejarah yang bisa mempererat tali persaudaraan antara umat Islam Indonesia dan dunia Arab.”

Dalam postingan lainnya, Ichaa (@Onyekcuuu) mengungkapkan bahwa "kunjungan Grand Syekh Al Azhar Prof Ahmed Al-Tayeb, ketua Majelis Hukama Muslimin membawa berkah, pesan perdamaian dan saling menghormati antarumat beragama."

Kegiatan utama Syekh Al-Azhar selama berada di Indonesia meliputi kunjungan ke beberapa pesantren besar, diskusi dengan para ulama, serta menghadiri acara-acara keagamaan yang diadakan oleh berbagai organisasi Islam di Indonesia. Dia juga berkesempatan memberikan ceramah di beberapa universitas terkemuka di Indonesia, membahas peran penting pendidikan dalam membentuk generasi Muslim yang unggul dan toleran.

Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, anggota Komite Eksekutif MHM dan Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia menambahkan, kehadiran Syekh Al-Azhar di Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat tali silaturahmi antarumat Islam di Indonesia serta mempromosikan pesan-pesan perdamaian dan toleransi yang menjadi ciri khas ajaran Islam. 

"Selain itu, kunjungan ini juga menjadi momentum penting untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Al-Azhar, lembaga pendidikan Islam tertua dan paling berpengaruh di dunia," ujar TGB Zainul Majdi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement