Kamis 11 Jul 2024 05:35 WIB

3 Fenomena Agama Ini Isyaratkan Kecocokan Hadits Ruwaibidhah Akhir Zaman di Indonesia

Ruwaibidhah adalah fenomena yang disebutkan Rasulullah dalam haditsnya

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim memeriksa Samsudin Jadab alias Gus Samsudin terkait konten boleh tukar pasangan. Samsudin diperiksa di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (29/2/2024).
Foto:

Di antara videonya yang viral dan kontroversi adalah Abuya Ghufron yang mengaku berbicara dengan Malaikat, Nabi Khidir Alaihissalam, Syekh Abdul Qadir al-Jailani, Imam Al-Ghazali dan Imam Syafi'i. Ghufron juga mempraktikan bahasa semut dan bahasa jin.

Dalam salah satu video yang beredar, Abuya Ghufron mengaku mengobrol dengan Nabi Khidir alaihissalam.

"Kemarin, tadi malam, saya ngobrol dengan Nabi Khidir Alaihissalam, kalau mau terus, kalau tidak, kiamat itu," kata Abuya Ghufron.

"Kenapa disebut kiamat? Sekarang manusia kiamat hati, betul enggak? Kiamat hati sekarang itu, tidak percaya kepada hati nurani sendiri," ujar Abuya Ghufron.

"Mau cari siapa sekarang, kok kamu masih sama Syekh Nawawi, keluarga besar, oh ini saya cangkangnya, saya yang meneruskan ilmu-ilmu Syekh Nawawi, ilmu-ilmu para alim ulama yang ada di Nusantara sampai seluruh dunia ini saya yang meneruskan," kata Abuya Ghufron dengan penuh semangat.

Dalam video lainnya yang beredar, Abuya Ghufron mengaku bertemu dan berbicara dengan Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

"Saya menanyakan kepada Syekh Abdul Qadir al-Jailani, (Syekh Abdul Qadir berkata) nanti kamu banyak yang nyari seluruh dunia kepada kamu, tetapi kamu harus ikhlas dan ridho karena Allah SWT," ujar Abuya Ghufron.

Datang lagi Imam Al-Ghazali, Imam Syafi'i, Imam Hambali, Imam Malik, ini asli," kata Abuya Ghufron.

Abuya Ghufron mengaku bertemu dengan malaikat Jibril yang memberi pesan-pesan kepadanya.

"Kata malaikat Jibril (ke saya) jangan takut kamu, teruskan berjuang, ada yang macam-macam kepada kamu, karena kamu langsung dari Allah, tanda tangan oleh Allah, Muhammad Rasulullah, kata malaikat Jibril biar saya yang jaminan, ngeri enggak?" ujar Abuya Ghufron.

Menanggapi Ghufron, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis dalam akun X mengatakan, Ghufron lucu dan yang mempercayai Ghufron lebih ngawur.

"Hehe.. lucu orang ini, apalagi yang mempercayainya lebih ngawur. Semua tak masuk di dalam ajaran Islam. Malaikat Jibril itu pembawa wahyu bukan bakingan gitu," ujar Kiai Cholil pada akun X miliknya.

Kiai Cholil juga menyampaikan, Ghufron sedang diteliti oleh MUI daerah, sebenarnya orang itu siapa, dapat ajaran apa dan dari mana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement