Jumat 05 Jul 2024 05:05 WIB

Sambut 1 Muharram 1446 Hijriyah, Ka'bah akan Dihiasi Kiswah Baru

Mengganti kiswah Ka'bah saat 1 Muharram merupakan tradisi tahunan.

Petugas melakukan penggantian kain penutup Kabah atau kiswah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (19/7/2023).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Petugas melakukan penggantian kain penutup Kabah atau kiswah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (19/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Ka'bah akan dihiasi kiswah (penutup) baru pada 1 Muharram 1446 Hijriyah. Sebanyak 159 teknisi dan perajin akan mengikuti tradisi adat tahunan pergantian kiswah di hari pertama di tahun baru Islam.

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (4/7/2024), kiswah lama akan dilepas dan diganti dengan kiswah baru yang terdiri dari empat sisi terpisah dan tirai pintu. Masing-masing dari keempat sisinya akan dinaikkan secara terpisah ke puncak Ka'bah sebagai persiapan untuk pembukaannya di sisi yang lama.

Baca Juga

Kiswah baru akan dipasang dari atas dengan cara diikat ke bawah, kemudian tali pada sisi yang lama akan dilonggarkan.

Dengan cara menggerakkan sisi baru ke atas dan ke bawah secara permanen, kemudian sisi lama jatuh dari bawah dan sisi baru tetap ada. Proses tersebut diulangi sebanyak empat kali untuk setiap sisi sampai penutup selesai, kemudian sabuk dipasang secara lurus ke empat sisinya dengan cara menjahitnya.

Lebih dari 200 pengrajin dan administrator Saudi yang berkualifikasi dan terspesialisasi bekerja untuk memproduksi kiswah baru di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci. Kompleks tersebut terletak di lingkungan Umm Al-Jud di Makkah. Para karyawan ini mengerahkan upaya tak kenal lelah untuk menyelesaikan berbagai tahapan pembuatan kiswah.

Tahapan-tahapan tersebut terutama meliputi penyulaman ikat pinggang Ka'bah, menenun kain dengan tangan dan mesin, mencetak, mengalungkan, dan mewarnai. Kompleks ini memiliki departemen untuk pewarnaan dan tenun otomatis, tenun tangan, percetakan, ikat pinggang, pelapisan emas, serta menjahit dan perakitan.

Bagian menjahit dan perakitan mencakup mesin jahit terbesar di dunia, yang panjangnya 16 meter dan dijalankan dengan sistem komputer. Departemen pendukung meliputi laboratorium, pelayanan administrasi, kendali mutu, hubungan masyarakat, serta kesehatan dan keselamatan pekerja.

Kiswah ini membutuhkan sekitar 1.000 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam pada bagian kompleksnya, 120 kilogram kawat emas, dan 100 kilogram kawat perak. Kiswah terdiri dari empat lembar kain yang masing-masing lembar menutupi salah satu sisi Ka'bah, dan lembar kelima merupakan tirai yang dipasang pada pintu Ka'bah Suci.

Sebelum adat pergantian kiswah tahunan, upacara penyerahan kiswah telah dilakukan pada bulan lalu. Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Wakil Emir Makkah dan Wakil Ketua Komite Haji Pusat Pangeran Saud bin Mishal menyerahkan kiswah kepada wakil penjaga senior Abdul Malik Al-Shaibi pada 18 Juni.

Kiswah tingginya 14 meter. Pada sepertiga atasnya terdapat ikat pinggang dengan lebar 95 sentimeter dan panjang 47 meter, terdiri dari 16 buah yang dikelilingi hiasan segi empat Islami.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement