Sabtu 29 Jun 2024 09:10 WIB

Di Balik Kedengkian Sebelas Saudara Nabi Yusuf

Nabi Yaqub menyadari saudara-saudara Nabi Yusuf selalu dengki kepadanya.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Jejak Nabi Yusuf AS (ilustrasi)
Foto:

Dengan penuh kasih, Nabi Yaqub yakni sang ayah berkata, "Wahai anakku sayang, janganlah engkau ceritakan mimpimu ini kepada saudara-saudaramu, karena jika mereka mengetahuinya mereka akan membuat tipu daya, yakni gangguan terhadapmu, tipu daya besar yang tidak dapat engkau elakkan.”

Demikian Nabi Yaqub sangat yakin dengan kecemburuan kakak-kakak Nabi Yusuf. Perhatikanlah bagaimana beliau tidak berkata, “Aku khawatir mereka membuat tipu daya,” tetapi langsung menyatakan, "Mereka akan membuat tipu daya.”

Itu pun dengan menekankan sekali lagi tipu daya besar. Di sisi lain, rupanya Nabi Yaqub yakin sepenuhnya tentang kebaikan hati, ketulusan dan kelapangan dada anaknya, yakni Nabi Yusuf. Karena itu, beliau menyampaikan hal tersebut dan yakin bahwa ini tidak akan memperkeruh hubungan persaudaraan mereka.

Selanjutnya sang ayah berkata kepada anaknya, “Anakku, jangan heran bila mereka mengganggumu, walau mereka saudara-saudaramu. Kalaupun sekarang mereka tidak mendengkimu, maka bisa saja kedengkian itu muncul, karena mimpimu memang sangat berarti. Apalagi mereka dapat tergoda oleh setan dan sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi manusia sehingga ia tidak segan-segan menanamkan permusuhan, walau antara saudara terhadap saudaranya sendiri." Demikian, sang ayah menyebut alasan sehingga Yusuf dapat memahami sikap kakak-kakaknya bila terasa olehnya kesenjangan hubungan.

Kata bunayya adalah bentuk tashghir atau perkecilan dari kata ibni atau anakku. Bentuk itu antara lain digunakan untuk menggambarkan kasih sayang, karena kasih sayang biasanya tercurah kepada anak, apalagi yang masih kecil.

Kesalahan-kesalahannya pun ditoleransi, paling tidak atas dasar ia dinilai masih kecil. Perkecilan itu juga digunakan untuk menggambarkan kemesraan seperti antara lain ketika Nabi Muhammad SAW menggelar salah seorang sahabat beliau dengan nama Abu Hurairah. Kata hurairah adalah bentuk perkecilan dari kata hirrah, yakni kucing, karena ketika itu yang bersangkutan sedang bermain dengan seekor kucing.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement