Kamis 27 Jun 2024 13:42 WIB

Netanyahu dan Keluarga Mulai Ketakutan, Lapor ke Shin Bet Ada Ancaman Pembunuhan

Pengacara mengatakan, ancaman itu berasal dari pimpinan demonstrasi di Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024.
Foto:

Pada Selasa, surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa istri Netanyahu telah menuduh para pejabat tinggi militer berusaha untuk mendalangi kudeta terhadap suaminya.

Tuduhan ini disampaikan dalam sebuah pertemuan tertutup pekan lalu dengan beberapa keluarga warga Israel yang ditawan di Jalur Gaza, di mana Sara Netanyahu mengatakan bahwa pasukan Israel berusaha melakukan kudeta militer terhadap suaminya, menurut laporan tersebut.

Laporan itu menambahkan, ketika beberapa anggota keluarga menginterupsi, menunjukkan bahwa dia tidak dapat mengklaim ketidakpercayaan terhadap militer Israel, dia mengklarifikasi bahwa ketidakpercayaan itu hanya berlaku untuk tokoh-tokoh senior militer, bukan (militer Israel) secara keseluruhan. Dia pun bersikeras lebih dari satu kali bahwa para petinggi militer ingin melakukan kudeta.

Sara Netanyahu bukanlah satu-satunya anggota keluarga yang menuduh para pemimpin militer. Putranya, Yair Netanyahu, membuat tuduhan serupa pada awal bulan ini.

photo
Ketua partai Likud Benjamin Netanyahu dan istrinya Sara memberikan suara di tempat pemungutan suara selama pemilihan Israel di Yerusalem, Selasa, 1 November 2022. - (AP/Maya Alleruzzo)

Pada tanggal 17 Juni, Yair menuduh militer dan dinas keamanan Shin Bet telah melakukan "pengkhianatan" selama operasi militer yang dilakukan oleh gerakan Palestina Hamas pada tanggal 7 Oktober."Apa yang mereka coba sembunyikan? Jika tidak ada pengkhianatan, lalu mengapa mereka takut dengan pihak eksternal dan independen yang menyelidiki apa yang terjadi?" tulisnya di X.

"Mengapa kepala militer dan intelijen terus mengklaim bahwa Hamas telah dihalangi? Di mana Angkatan Udara pada tanggal 7 Oktober?" tambahnya.

Seorang sumber yang berbicara atas nama Netanyahu menepis laporan tersebut, dengan menyatakan bahwa "wabah kebocoran yang salah, tendensius, dan terus-menerus tentang Nyonya Netanyahu merupakan ketidakadilan yang keji," demikian menurut Haaretz.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement