Kamis 27 Jun 2024 13:42 WIB

Netanyahu dan Keluarga Mulai Ketakutan, Lapor ke Shin Bet Ada Ancaman Pembunuhan

Pengacara mengatakan, ancaman itu berasal dari pimpinan demonstrasi di Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024.
Foto: EPA-EFE/GIL COHEN-MAGEN / POOL
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penasihat hukum Partai Likud, Avi Helevi, telah mengirimkan surat kepada Ronan Bar, kepala Shin Bet. Surat tersebut menyatakan, adanya hasutan untuk melakukan pembunuhan dan bahaya yang mengancam keselamatan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan keluarganya, demikian dilaporkan surat kabar Israel, Maariv, pada Rabu (25/6/2024).

Pengacara asal Israel tersebut mengatakan, ancaman itu berasal dari pernyataan-pernyataan yang dibuat oleh beberapa pimpinan demonstrasi di Israel. Maariv melaporkan bahwa Halevi sebelumnya telah menulis surat kepada Jaksa Agung, Gali Baharav-Miara, yang menyatakan keprihatinannya mengenai ancaman yang jelas dan langsung terhadap Netanyahu dan keluarganya.

Baca Juga

Dalam suratnya kepada kepala Shin Bet, Halevi dilaporkan mendesak tindakan segera untuk melawan ancaman ini. Ia berpendapat bahwa hasutan untuk melakukan pembunuhan terlihat jelas dari pernyataan para pemimpin protes tertentu dan menekankan perlunya tindakan perlindungan yang mendesak.

photo
Masyarakat memprotes Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menyerukan pembebasan sandera yang ditahan di Jalur Gaza, di Tel Aviv, Israel, Sabtu, 15 Juni 2024. - (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Menurut Maariv, Halevi menunjukkan, "Di negara lain, pihak berwenang akan menyelidiki, menangkap, dan mengadili. Di Israel, hal ini tidak terjadi."

Surat Halevi ini menyusul pernyataan dari Ami Dror, seorang pengusaha Israel dan seorang tokoh terkemuka dalam protes anti-Netanyahu Kaplan.

Maariv melaporkan bahwa, dalam sebuah pidato di Caesarea, Dror menyebut Netanyahu sebagai "iblis" dan membuat pernyataan yang menghina tentang keluarga perdana menteri."Sebuah keluarga orang gila menelantarkan orang yang diculik! Sebuah keluarga penjahat menghancurkan Negara Israel," kata Dror dalam pidatonya.

"Ceritanya sederhana. Orang itu pengecut dan lemah. Takut pada rakyatnya, takut pada dirinya sendiri. Mengatakan pada dirinya sendiri bahwa ia adalah malaikat, ternyata ia adalah iblis,"ujar Dror.

Sara Netanyahu Takut Kudeta...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement