Kamis 27 Jun 2024 07:47 WIB

Satu per Satu Media Kuliti Kebohongan Militer Zionis Israel yang Digembor-gemborkan

Zionis Israel telah mengalami kegagalan dalam Perang Gaza

Tentara dari Batalyon Netzah Yehuda, pasukan paling brutal Israel, sedang beroperasi di Golan. Zionis Israel telah mengalami kegagalan dalam Perang Gaza
Foto: IDF
Tentara dari Batalyon Netzah Yehuda, pasukan paling brutal Israel, sedang beroperasi di Golan. Zionis Israel telah mengalami kegagalan dalam Perang Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membaca dua laporan laporan media terpercaya memperkuat tentang fakta kedustaan Isrel dalam Perang Gaza.

Dalam artikel bertajuk Hamas Is Winning Why Israel’s Failing Strategy Makes Its Enemy Stronger, media yang concern terhadap kebijakan luar negeri Amerika Serikat, Foreign Affairs mengeluarkan kesimpulan yang intinya menyebut Hamas menang telak dari Israel.

Baca Juga

Sang Penulis, Robert A Pape, Profesor Ilmu Politik dan Direktur Proyek Keamanan dan Ancaman Chicago di Universitas Chicago menyebut Hamas lebih kuat hari ini dibandingkan dengan 7 Oktober.

Sementara itu, laporan bertajuk The Occupation Army Is Being Affected Seriously By Suicide, Low Morale And Mental Illness yang diterbitkan middleeasmonitor, oleh kolumnis Aziz Mustafa juga memperkuat kesimpulan Robert A Pape.

Foreign Affairs menyatakan bahwa sembilan bulan operasi tempur udara dan darat Israel di Gaza belum mengalahkan Hamas, dan Israel juga tidak hampir mengalahkan kelompok teroris itu. Sebaliknya, menurut ukuran-ukuran yang penting, Hamas lebih kuat hari ini dibandingkan pada 7 Oktober lalu.

Demikian juga dengan analisa lainnya yang dirilis Aljazeera bertajuk Analysis: Is the Israeli army as militarily successful as it claims? oleh penulis Zoran Kusovac, secara gamblang menyebut bahwa tentara Israel dapat mengklaim beberapa keberhasilan dalam perang di Gaza, dan juga memiliki kegagalan yang harus diperhitungkan.

Terkoordinasi, terfokus, mematikan dan brutal, serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober 2023 sangat mengejutkan masyarakat Israel. Organisasi-organisasi pertahanan, intelijen, dan keamanan negara, sumber kebanggaan nasional, tertangkap basah dan tidak siap.

Mereka bertindak lambat dan tidak memadai, dengan seluruh lembaga yang dipermalukan.

Tiga pekan kemudian, di tengah-tengah pengeboman tanpa pandang bulu yang terus menerus, tentara Israel menyeberang ke Gaza. Kemudian, dalam lebih dari dua bulan pertempuran darat, tentara Israel membelah Gaza menjadi tiga, mengepung Kota Gaza dan mengisolasi Khan Younis. Sebagian besar warga Palestina melarikan diri ke selatan, di mana mereka sekarang memadati Rafah dalam kondisi yang tak tertahankan.

Israel menyatakan bahwa meskipun mereka belum mengalahkan Hamas, mereka telah mendekati tujuan yang dicanangkan, mengklaim telah "menghabisi" 8.500 pejuang.

Namun, militer Israel menunjukkan bahwa mereka sangat tidak seimbang dalam berbagai aspek dari respons bersenjata dan diplomatik.

Kinerja militer: Bukan sebuah kegagalan, tetapi masih jauh dari keberhasilan?

Dalam hal militer, Israel telah mencapai tingkat keberhasilan tertentu. Israel telah melakukan operasi militer yang kompleks di wilayah perkotaan, yang tentu saja merupakan bentuk peperangan paling mematikan, dengan bergerak maju dengan mantap, namun terlalu hati-hati dan lambat.

Pusat Kota Gaza dan Khan Younis telah dikepung, namun sejauh ini militer Israel gagal menetralisir unit-unit pejuang Hamas.

Dalam lingkungan pertempuran yang sangat menantang, tentara Israel berhasil mengintegrasikan berbagai unit yang berbeda dengan berbagai latar belakang, pelatihan dan pengalaman, termasuk sejumlah besar unit khusus yang melapor langsung ke Staf Umum di luar rantai komando teritorial atau brigade yang normal.

Pengaturan yang rumit itu menuntut kehadiran perwira yang lebih tinggi di garis depan untuk mengkoordinasikan dan menghindari potensi kebingungan. Di antara 172 tentara Israel yang terbunuh sejauh ini, proporsi bintara senior sangat tinggi, tetapi jumlah perwira yang tewas dalam pertempuran sangat mengejutkan, dengan tidak kurang dari empat kolonel di antara yang tewas.

Kerugian Hamas tentu saja lebih rendah dari klaim Israel. Perkiraan yang lebih bijaksana adalah 3.500 pejuang hingga saat ini, 20 persen dari jumlah pasukan di garis depan. Ini berarti rasio 20 pejuang Hamas yang terbunuh untuk setiap tentara Israel.

Dalam pertempuran klasik...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement