Jumat 14 Jun 2024 06:04 WIB
Laporan langsung dari Makkah, Arab Saudi

Ikut Tarwiyah, Tujuh Jamaah Indonesia Berpakaian Ihram Pergi ke Mina Jalan Kaki

Ada sekitar 17 ribu jamaah yang memilih melaksanakan tarwiyah.

Rep: MUHYIDDIN/ Red: A.Syalaby Ichsan
Meski mempersilahkan jemaah haji melakukan ibadah sunnah tarwiyah, pemerintah Indonesia tidak memfasilitasi ibadah tersebut.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Meski mempersilahkan jemaah haji melakukan ibadah sunnah tarwiyah, pemerintah Indonesia tidak memfasilitasi ibadah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Calon jamaah haji Indonesia dijadwalkan mulai bergerak ke Arafah, Arab Saudi, pada Jumat (14/6/2024) pagi. Meski demikian, ada juga sebagian jamaah yang bergerak ke Mina untuk melaksanakan ibadah tarwiyah.

Tarwiyah merupakan suatu prosesi ibadah haji yang dilakukan pada 8 Dzulhijah, sebelum wukuf di Padang Arafah. Tarwiyah dilakukan jamaah dengan cara meninggalkan Makkah menuju Mina dengan berpakaian ihram dengan berniat untuk menunaikan ibadah haji.

Baca Juga

Di Mina mereka menunaikan sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya hingga sholat Subuh pada 9 Dzulhijah 1445 H. Jamaah yang mengikuti ibadah ini rata-rata menuju Mina dengan menggunakan bus. Namun, ada juga jamaah yang berjalan kaki."Yang berjalan kaki hanya tujuh orang kalau gak salah," ucap  Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Khalilurrahman di Makkah, Kamis (13/6/2024).

Menurut Khalil, total ada 17 ribu jamaah haji yang memilih untuk melaksanakan tarwiyah ini. Meski demikian, pemerintah tidak menfasilitasi jamaah yang akan melaksanakan ibadah ini."Data tadi siang, ada 17.113 jamaah yang melapor ikut tarwiyah, dan mereka tidak difasilitasi pemerintah," ujar Khalil.

 

Jamaah ikut tarwiyah wajib lapor...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement