Jumat 14 Jun 2024 05:20 WIB

Guru Ngaji Ini Gelisah Jadi Buronan di Saudi karena tak Punya Visa Haji

Koordinator travel yang memberangkatkannya ke Tanah Suci ditangkap polisi.

Umat Islam memadati Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Kamis (6/6/2024).
Foto:

Di rombongannya, diungkapkan Lukman, bahkan ada yang menjual tanah. Mereka pun memilih pulang saja, tidak mau mengambil risiko melanjutkan perjalanan haji mereka.

"Iki adem panas nggak doyan mangan (Ini panas dingin nggak doyan makan). Kasihan ini temen-temen, sudah jual tanah buat ke sini, kerjaan angon (gembala) kambing..., ini lagi ngumpul bahas rencana pulang," ujarnya.

Penangkapan penjual pemilik travel haji tanpa tasreh

Sebelumnya, seorang warga negara Indonesia (WNI) berinisial LNM ditangkap aparat keamanan Arab Saudi lantaran menjual paket haji tanpa tasreh di akun Facebook-nya. Lukman merupakan salah satu jamaahnya yang tergoda janji-janji manisnya.

LNM merupakan pemilik travel paket umrah dan haji. Dia biasa menjual paket haji lewat akun Facebook-nya. Kabar tersebut disampaikan Konjen RI Jeddah, Yusron B. Ambary.

"Saya sebelumnya menyampaikan selebgram ya, ternyata bukan. Dia jualan melalui akun Facebook-nya yang sudah punya pengikut 5 ribu," kata Yusron dalam jumpa pers melalui Zoom, Jumat (7/6/2024).

Pelaku LNM berusia 40 tahun adalah pemilik travel umrah AND Tour. Dia ditangkap pada Sabtu, 25 Mei 2024, dalam perjalanan menuju hotelnya di Makkah. Setelah ditangkap, LNM segera ditahan oleh kejaksaan setempat.

Di sisi lain, perusahaan tour miliknya tersebut ternyata legal, tapi baru punya izin untuk perjalanan umroh saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement