Selasa 11 Jun 2024 04:30 WIB

Arab Saudi Bersiap Layani Calon Jamaah Haji Saat Lempar Jumrah

Pasukan darurat khusus juga diterjunkan dan disebar di Madinah dan Makkah.

Jamaah Haji melempar batu kerikil saat menjalankan lempar Jumroh di Jembatan Jamarat, Makkah, Arab Saudi, Jumat (30/6/2023).
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Jamaah Haji melempar batu kerikil saat menjalankan lempar Jumroh di Jembatan Jamarat, Makkah, Arab Saudi, Jumat (30/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Arab Saudi pada Ahad (9/6/2024) mengatakan bersiap menerima calon jamaah haji pada musim Haji 1445 Hijriyah di Jembatan Jamarat dan sekitarnya.

Persiapan yang dilakukan juga berkaitan dengan pelayanan untuk calon jamaah haji yang akan melakukan lempar jumrah (kerikil). Direktorat tersebut menekankan kesiapan unit-unitnya, yang ditempatkan di sejumlah koridor, halaman sekitar, dan pintu masuk utama dengan dijaga oleh para personel yang berperalatan lengkap.

Baca Juga

Selain itu, ia melaksanakan persiapan teknis untuk menjalankan rencana darurat umum untuk haji dan menangani segala risiko, melalui kerja sama dengan lembaga terkait lainnya.

Pemerintah Arab Saudi bertekad memberikan pengamanan secara intensif dengan menyiagakan aparat di lapangan untuk menjamin keamanan dan keselamatan jamaah calon haji dari berbagai negara pada musim haji tahun 1445 Hijriyah/2024 Masehi.

 

Sebelumnya, Direktur Keamanan Publik dan Ketua Komite Keamanan Haji Letnan Jenderal Mohammad bin Abdullah al-Bassami menegaskan petugas keamanan siap menghadapi gangguan keamanan atau ketertiban dengan mencegah berbagai tindakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan keselamatan jamaah.

Pihaknya juga mengintensifkan patroli, baik untuk mengawasi kelancaran lalu lintas, keamanan, maupun penegakan hukum di pintu-pintu masuk ke Kota Makkah, tempat-tempat suci, serta jalur-jalur menuju wilayah itu.

Komandan Pasukan Darurat Khusus Kepresidenan Keamanan Negara Mayor Jenderal Muhammad bin Maqbool Al-Omari menambahkan selain aparat keamanan, pasukan darurat khusus juga diterjunkan dan disebar di tempat-tempat suci di Kota Madinah maupun Makkah.

Pasukan darurat khusus, kata dia, merupakan salah satu unit pasukan keamanan yang diturunkan setiap kali diperlukan untuk memberikan keamanan baik di kawasan Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement