Selasa 11 Jun 2024 01:11 WIB

Bank NTB Syariah Salurkan Zakat Rp 7,2 Miliar

Potensi zakat di NTB harus dikelola maksimal.

Logo Bank NTB
Foto: bankntb
Logo Bank NTB

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- PT Bank NTB Syariah menyalurkan zakat perusahaan senilai Rp7,2 miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebagai komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Dana zakat yang disalurkan melalui Baznas NTB tersebut, merupakan hasil pengumpulan dari kinerja tahun buku 2023," kata Direktur Utama Bank NTB Syariah Kukuh Raharjo di Mataram, Senin.

Baca Juga

Keputusan penyaluran zakat ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), yang menyepakati bahwa 2,5 persen dari total laba kotor Bank NTB Syariah dialokasikan untuk zakat perusahaan.

Kukuh menambahkan pembagiannya dilakukan secara proporsional berdasarkan kepemilikan saham di masing-masing daerah.

 

"Baznas Provinsi NTB mendapatkan porsi zakat terbesar yaitu 47,08 persen karena Pemprov NTB merupakan pemegang saham mayoritas," ujarnya.

Sementara itu, kata dia, daerah dengan porsi zakat terkecil yaitu Kabupaten Lombok Barat dan Kota Bima, masing-masing mendapatkan 2,93 persen dan 1,47 persen.

Ia berharap penyaluran zakat melalui Baznas NTB dapat mendorong semangat para kepala daerah untuk meningkatkan kepemilikan saham mereka di Bank NTB Syariah.

"Semakin besar saham yang dimiliki daerah di Bank NTB Syariah, semakin besar pula porsi zakat perusahaan yang mereka dapatkan," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa Bank NTB Syariah memiliki komitmen kuat untuk membantu Baznas dalam memaksimalkan potensi zakat, terutama dari para pegawai.

Bahkan, ke depan, Bank NTB Syariah berencana memperluas cakupan penghimpunan zakat kepada para nasabahnya.

"Melalui pendekatan yang berbeda, kami harapkan para nasabah berkenan menyalurkan zakatnya melalui amil yang dibangun Bank NTB Syariah," kata Kukuh.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi NTB HM Said Ghazali menilai bahwa mekanisme penyaluran zakat perusahaan melalui Baznas sudah sangat tepat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta regulasi di daerah.

"Berzakat harus melalui lembaga yang sah, ini bagian dari menjalankan undang-undang," ujarnya.

Ia berharap semangat Bank NTB Syariah dalam menyalurkan zakat dapat ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Upaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dan tergolong dalam 8 asnaf (golongan yang berhak menerima zakat).

"Kami berharap lembaga keuangan lainnya, termasuk perusahaan barang dan jasa, juga bersedia menyalurkan zakat-nya melalui Baznas," kata Said.

 

Penyaluran zakat perusahaan Bank NTB Syariah ini merupakan wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan komitmennya dalam menjalankan syariat Islam.

 

Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan dan membawa manfaat yang luas bagi umat Islam di NTB.

Potensi zakat di NTB

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement