Selasa 11 Jun 2024 00:04 WIB

Lima Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat, Ini Penyebabnya

Haji merupakan ibadah pemersatu umat Islam dari berbagai belahan dunia.

Jamaah haji Indonesia.
Foto: Republiika/Muhyiddin
Jamaah haji Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mencatat lima calon haji batal diterbangkan ke Arab Saudi selama masa keberangkatan karena alasan kesehatan.

Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Syafii di Batam, Senin, mengatakan lima calon haji yang batal berangkat itu berasal dari Provinsi Kepri, Riau, dan Jambi.

Baca Juga

"Satu orang dari Kepri karena hamil, satu orang dari Riau karena sakit, dan tiga orang dari Jambi karena sakit juga," kata Syafii.

Hingga saat ini pihaknya telah memberangkatkan keseluruhan kloter keberangkatan dengan 12.386 calon haji ke Tanah Suci.

 

Syafii menyampaikan pada pelaksanaan haji 2024 PPIH Embarkasi Batam melayani 28 kloter, meliputi jamaah calon haji asak Provinsi Kepri, Riau, Kalimantan Barat, dan Jambi.

"Dari Kepri ada 1.310 calon haji, Kalbar 2.623 calon haji, Riau 5.335 calon haji, dan Jambi 3.118 calon haji," ujar dia.

Saat ini seluruh jamaah haji sudah berada di Makkah untuk melaksanakan shalat di Masjidil Haram dan pemantapan dan pembinaan persiapan Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersyukur fase pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia berjalan dengan lancar hingga menjelang closing date, kendati ada sedikit kendala pada penerbangan Garuda Indonesia.

"Alhamdulillah, keberangkatan jamaah sudah menjelang akhir. Sejauh ini semua lancar, kecuali beberapa penerbangan yang memang kita tahu ada masalah, khususnya dari Garuda Indonesia," kata Menag Yaqut di Jeddah, Senin.

Fase keberangkatan jamaah calon haji Indonesia berlangsung sejak 12 Mei 2024. Sampai saat ini tercatat 209.934 orang dan petugas kloter yang sudah tiba di Arab Saudi.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement