Sabtu 01 Jun 2024 08:46 WIB

Jejak Rasulullah: Ada Masjid Dua Kiblat di Kota Madinah, Menghadap ke Ka'bah dan Palestina

Masjid Qiblatain saksi turunnya wahyu perubahan arah kiblat.

Sejumlah jamaah dari berbagai negara mendirikan shlat di Masjid Qiblatain, Madinah.
Foto:

Sebenarnya Rasulullah sendiri telah mendambakan turunnya perintah perubahan kiblat ini. Dalam satu riwayat dinyatakan Rasulullah seringkali menengadahkan wajah ke langit, memanjatkan doa agar turun wahyu yang memerintahkan menghadap ke Baitullah.

Tempat bersejarah saat Rasulullah memimpin sholat lalu berubah arah kiblat tersebut kini menjadi sebuah masjid. Masjid tersebut bernama Masjid Qiblatain yang menjadi salah satu masjid bersejarah di Kota Madinah.

Masjid ini menjadi lokasi ziarah bagi jamaah haji dan umroh. Letaknya yang hanya sekitar tujuh kilometer dari Masjid Nabawi ini awalnya bernama Masjid Bani Salamah. Nama Masjid Bani Salamah diberikan karena dibangun di bekas rumah sahabat Nabi, Bani Salamah.

Kemudian, masjid tersebut bersalin nama menjadi Masjid Qiblatain. Sebagai bukti sejarah, mihrab atau penanda arah kiblat ke Masjidil Aqsa masih dipertahankan di Masjid Qiblatain.

Konsultan Ibadah PPIH Daker Madinah, Prof KH Aswadi, saat berziarah bersama tim Media Center Haji (MCH) berkisah, perubahan arah kiblat diyakini terjadi pada bulan Syakban. Ketika itu Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam memimpin Sholat Dzuhur.

Ketika sudah dua rakaat... Baca di halaman selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement