Kamis 30 May 2024 16:10 WIB

Lepas Jamaah Haji Aceh Kloter Pertama, Wapres Berikan Pesan Khusus 

Jamaah haji harus menjaga kesehatan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah haji bersiap berangkat ke Tanah Suci.
Foto: ANTARA FOTO/Khalis Surry
Ilustrasi jamaah haji bersiap berangkat ke Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH BESAR – Dalam rangkaian kunjungannya ke Provinsi Aceh, Wakil Presiden (Wapres) K.H Ma'ruf Amin menyempatkan diri untuk bertemu dan melepas jamaah Haji di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Rabu (29/05/2024).

Adapun kloter pertama ini terdiri dari 393 jemaah beserta petugas haji. Sebelum lepas landas, Wapres berkesempatan berdialog dengan jamaah di dalam Pesawat Garuda GA777. 

Baca Juga

“Alhamdulillah. Senang semuanya? Siap? Sudah baca talbiah?” ucap Wapres memulai dialog. 

“Siap, InsyaAllah,” jawab jamaah. 

 

Wapres menekankan pentingnya menjaga kesehatan selama di Tanah Suci, mengingat kondisi cuaca di Mekah yang sangat panas, mencapai 42-43 derajat Celsius.  

“Jangan lupa selalu bawa air, jaga kesehatan dan hati agar tidak terlalu lelah. Cuaca di Mekah sangat panas, 43 derajat. Jangan memaksakan diri,” pesan Wapres. 

Selain itu, ia juga mengingatkan jemaah untuk menjalankan ibadah dengan baik dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. 

Dalam kesempatan tersebut, Wapres memimpin doa talbiyah yang diikuti oleh jamaah. Ia juga mendoakan agar semua jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan kembali ke tanah air dengan selamat. 

“Semoga Bapak-bapak, Ibu-ibu bisa menjalankan ibadah haji dengan baik, dan semoga menjadi haji yang mabrur,” ucapnya. 

Kepada awak media, Wapres menyampaikan bahwa para petugas haji telah disiapkan pemerintah untuk melayani jamaah haji Indonesia. 

Ia meminta para petugas haji untuk selalu membimbing jamaah terutama yang sudah lansia.

Wapres juga menyebut masyarkat jamaah haji Indonesia banyak yang sudah sabar menunggu kebetangkatan. Bahkan ada yang telah menunggu sampai 50 tahun.

“Jamaah Haji Aceh ini rata-rata menunggu keberangkatan haji pilihannya itu 34 tahun. Ada juga yang sampai 50 tahun. Ya, karena itu waktu Menteri Haji Arab Saudi datang ke sini jadi saya minta tambah lagi tahun depan itu,” terang Wapres. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement