Jumat 21 Jun 2024 11:30 WIB

Ibadah di tengah Rutinitas: Jadwal Sholat 21 Juni 2024 di Kota Depok

Istimewakan sholat di tengah kesibukan kita.

Sholat (ilustrasi)
Foto: Republika
Sholat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --Depok, seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, melangkah ke depan dengan berbagai dinamika kehidupan yang terus berubah. Di tengah kesibukan dan rutinitas, satu elemen yang tetap menjadi poros penting bagi umat Islam adalah pelaksanaan sholat lima waktu.

Sholat merupakan pilar agama yang tak tergantikan, mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan mengingat Sang Pencipta dalam setiap aspek kehidupan kita.

Dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 238 disebutkan:

"Peliharalah segala sholat(mu), dan (peliharalah) sholat Wusthaa. Berdirilah karena Allah (dalam sholatmu) dengan khusyu'." (Al-Baqarah: 238)

Ayat ini menegaskan betapa pentingnya menjaga waktu sholat dan melaksanakannya dengan penuh kesungguhan.

Bagi warga Depok, berikut ini adalah jadwal sholat hari ini, 21 Juni 2024:

- Shubuh: 04:40 WIB

- Dhuhur: 11:58 WIB

- Ashar: 15:19 WIB

- Maghrib: 17:50 WIB

- Isya: 19:04 WIB

Menunaikan sholat pada waktu yang telah ditentukan tidak hanya melatih kita untuk disiplin, tetapi juga memberikan ketenangan batin. Di tengah derasnya arus modernisasi, kebutuhan akan ketentraman jiwa dan kedamaian hati semakin terasa penting. Sholat menjadi jembatan untuk mendapatkan ketenangan itu, sejenak meninggalkan hiruk-pikuk duniawi untuk mengembalikan fokus dan kesabaran dalam menjalani hidup.

Tidak dapat dipungkiri, tinggal di kota besar seperti Depok, menjadikan seseorang akrab dengan kemacetan, polusi, dan tekanan kerja yang tinggi. Di sinilah letaknya rahasia keindahan sholat yang teratur. Dengan mengikuti jadwal sholat yang tepat, kita diberi kesempatan untuk berhenti sejenak dari kesibukan, merefleksikan diri, dan mendapatkan energi positif untuk melanjutkan aktivitas.

Lebih dari sekadar kewajiban, sholat adalah saat di mana kita bersimpuh di hadapan Allah dengan segala kerendahan hati dan ketulusan. Sebuah perjalanan spiritual yang membersihkan batin dan memperkuat iman, menjaga kita tetap berada dalam koridor yang diridhai oleh-Nya.

Akhir kata, kekuatan dari menjalankan sholat tidak hanya terbatas pada perintah agama semata, tetapi juga bermanfaat secara holistik bagi kesehatan mental dan spiritual kita. Semoga kita semua dapat memanfaatkan waktu yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya dan menjadikan sholat sebagai waktu istimewa yang memberikan kedamaian di tengah kesibukan dunia.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement