Kamis 30 May 2024 06:19 WIB

6 Hal Ini Ungkap Mengapa Salafi Mudah Masuk Muhammadiyah, Bukan NU atau Ormas Lain

Salafi melakukan infiltrasi di tubuh Muhammadiyah

Ilustrasi Muhammadiyah. Salafi melakukan infiltrasi di tubuh Muhammadiyah
Foto:

5. Ada pimpinan dan juga dai-dai Muhammadiyah yang terkesan abai dalam mengisi kekosongan atau dahaga keagamaan di warga persyarikatan. Kajian jarang, pengajian sepi, tema terlalu umum, elitis dan melangit.

Sedang tema-tema praktis sehari-hari sering kurang tersentuh seperti masalah thaharah, sholat, berpakaian, berumah tangga, bermuamalah dan lain lain jarang dibahas di kajian maupun pengajian di cabang dan ranting. Kekurangan ini terbaca dan dimanfaatkan oleh ustadz Salafi untuk masuk atau diundang.

Sebagian warga Muhammadiyah rindu sekaligus menyukai fatwa yang tegas dan hitam putih, tidak ambigu dan ‘mbulet’. Kebanyakan Ustadz Salafi bisa memenuhi selera itu. Model ini disukai sebagian jamaah yang tidak suka mikir tinggi-tinggi atau ‘ndakik-ndakik’. Mereka lebih mantab dengan jawaban ini haram, ini bidah, itu terlarang dan yang sejenis yang tegas dan ‘thas-thes’.

6. Intens dan masifnya kajian ustadz-ustadz salafi dakwah terutama di medsos, sehingga walaupun secara nominal jumlahnya sedikit namun terasa mendominasi kajian di medsos. Akhirnya dai-dai mereka lebih dikenal luas dan sedikit banyak warga Muhammadiyah tertarik untuk mengundang mereka.

Demikian hasil pengamatan penulis di lapangan mengapa paham salafi mudah masuk dan mendapat tempat di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah yang belakangan ini mulai memberi dampak yang kurang menguntungkan bagi warga dan persyarikatan.

Kedepan perlu langkah-langkah untuk mengantisipasi dan membendung pengaruh ini, terutama dampak atau pengaruh yang merugikan atau tidak sejalan dengan manhaj tarjih Muhammadiyah.

 

*) Ketua Majelis Tabligh PWM Jawa Tengah 

Naskah ini dikutip dari website PWM Jateng dengan sumber berikut: pwmjateng.com

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement