Jumat 14 Jun 2024 13:40 WIB

Cegah Hewan Stres, Muhammadiyah Minta Pemotongan Kurban Dilakukan Sesuai Syariat

Kebanyakan umat Islam tidak siap menyembelih di RPH

Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Muti
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Muti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menekankan pemotongan hewan kurban dilakukan dengan ihsan atau baik terhadap hewan kurban. Tujuannya, agar tidak menyebabkan hewan kurban menjadi stres atau kesakitan.  

"Banyak pemotongan di tempat ibadah, sekolah, atau rumah kurang memperhatikan kebersihan. Penyembelihan juga kadang tidak sesuai syariat, hewan kurban seperti stres dan kesakitan. Padahal, Islam mengajarkan agar penyembelihan dilakukan dengan ihsan," kata Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti, dikonfirmasi melalui pesan singkat  di Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga

Mu'ti mengatakan peristiwa tersebut terjadi akibat adanya sejumlah umat Islam di Indonesia yang memaknai syiar secara kurang tepat dan beragama secara komunal. Kebanyakan mereka tidak siap menyembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan memaksakan menyembelih di tempat ibadah, pendidikan, atau rumah.  

"Secara pribadi saya lebih cenderung hewan kurban dipotong di rumah pemotongan hewan yang resmi, sehingga lebih terjamin kebersihannya," lanjutnya.

 

Namun demikian, Abdul Mu'ti tidak mempermasalahkan adanya masyarakat yang memilih untuk berkurban di masjid terdekat, karena menurutnya kurban yang terbaik adalah untuk tetangga terdekat."Tetapi kalau sudah tercukupi sebaiknya dibagikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan," ujar dia.

photo
Penjual hewan kurban memberi pakan sapi yang dijajakan di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (10/6/2024). Menurut penjual hewan kurban, permintaan terhadap hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha mengalami kenaikan hingga 85 persen dengan harga kisaran Rp25 juta hingga Rp40 juta. - (Republika/Thoudy Badai)

Hal tersebut, kata Mu'ti, untuk menghindari adanya penumpukan daging yang tidak dapat tersalurkan. Beberapa cara yang dapat dilakukan, ungkap dia, adalah dengan menyalurkan kurban ke lembaga-lembaga tepercaya dan menyediakan layanan pengiriman kurban ke wilayah-wilayah terpencil, seperti Muhammadiyah yang sudah lebih dari lima tahun melakukan pengiriman daging dalam bentuk kaleng ke wilayah-wilayah terpencil bahkan hingga Palestina.

Namun yang utama, sambungnya, umat Islam hendaknya menyambut Idul Adha dengan kebersihan jiwa dan meningkatkan hubungan sosial dengan memperbanyak sedekah dan membantu sesama."Di antara amalan yang disunahkan di Bulan Dzulhijah adalah puasa sembilan hari pada 1-9 Zulhijah. Jika tidak sempat, sangat dianjurkan Puasa Arafah pada 9 Zulhijah," tutur Mu'ti.

Pemotongan hewan kurban di Yogyakarta...

sumber : ANTARA

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement