Rabu 29 May 2024 18:03 WIB

Di Sini Dulu Nabi Muhammad Dilahirkan, Sekarang Jadi Perpustakaan

Di tempat tersebut dulu juga pernah dibangun sebuah masjid oleh Al-Khaizuran.

Bangunan warna kuning ini merupakan salah satu jejak Rasulullah di kawasan Masjidil Haram. Di bangunan inilah Rasulullah lahir.
Foto:

Sejam sebelum waktu Subuh, gedung berlantai dua ini tampak terang di sinari lampu-lampu yang berada di kawasan Masjidil Haram. Namun, tidak ada seorang pun yang berada di dekat bangunan itu. Di lantai dua, setidaknya ada 16 jendela yang terpasang.

Di atas pintu masuk bangunan ini terdapat tulisan Arab, Maktabah Makkah Al Mukarramah (Perpustakaan Makkah Al Mukarramah). Sementara, di depan gedung itu terdapat sekat-sekat jalan yang banyak dilalui jamaah yang baru keluar dari dalam masjid.  

Gedung berukuran sekitar 10-18 meter ini tidak dirawat layaknya situs-situs bersejarah yang ada di Indonesia. Jamaah juga tidak bisa masuk ke perpustakaan ini karena selalu terkunci. Konon, pemerintah Arab khawatir jika rumah ini dibangun rapi akan dikultuskan oleh jamaah.

Hal ini dipertegas dengan sebuah spanduk yang berisi tulisan dalam bahasa Inggris, Arab, dan juga Urdu. Jika diartikan, tulisan itu berbunyi 'Mengunjungi perpustakaan ini untuk menyembah atau mengultuskan tidak diizinkan oleh syariah. Karena, tidak ada dalil yang membuktikannya'.

Menurut buku sirah nabawiah, tempat kelahiran Nabi dulunya dikenal dengan lembah Abu Thalib. Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, rumah ini ditinggali oleh Aqil bin Abi Thalib yang kemudian didiami oleh anak turunannya.

Baca di halaman selanjutnya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement