Senin 20 May 2024 10:26 WIB

Daker Makkah Siapakan 170 Hotel untuk Sambut Jamaah Haji dari Madinah

Jamaah haji akan mulai berdatangan dari Madinah ke Makkah.

Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas meninjau kesiapan hotel dan bus jamaah haji di Makkah, Selasa (7/5/2024).
Foto: Dok. Republika
Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas meninjau kesiapan hotel dan bus jamaah haji di Makkah, Selasa (7/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Muhyiddin dari Makkah, Arab Saudi

 

Baca Juga

Delapan kelompok terbang (kloter) jamaah haji dari Madinah akan mulai bergerak ke Makkah pada Senin (20/5/2024) besok. Petugas Daerah Kerja (Daker) Makkah pun telah menyiapkan 170 hotel untuk calon jamaah haji.

Kepala Daker Makkah, Khalilurrahman mengatakan, calon jamaah haji (Calhaj) yang tiba lebih awal di Madinah mulai digeser ke Makkah untuk melakukan umrah wajib dan persiapan puncak haji. Pada gelombang pertama pergerakan jamaah tersebut ada delapan kloter yang akan tiba di Makkah, yaitu JKG 1 dan 2 (Jakarta), JKS 1 dan 2 (Bekasi), PLM 1 (Palembang), BTH 1 (Batam), SUB 1 (Surabya) dan UPG 1 (Makassar).

"Gelombang pertama itu JKG 1 pada jam 12.00 WAS dan sisanya pada malam hari," ujar Khalilurrahman saat diwawancara di Kantor Urusan Haji Indonesia, Makkah, Ahad (19/4/2024). 

Pihaknya telah menyiapkan akomodasi, transportasi, dan konsumsi untuk calhaj yang akan datang ke Makkah. Dalam bidang akomodasi, pada tahun ini calon jamaah haji Indonesia akan ditempatkan di lima wilayah pemondokan, yaitu wilayah Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan juga Ray Bakhs. 

"Total hotel yang disediakan untuk melayani jamaah haji tahun 2024 ada 170 hotel, yang tersebar di lima wilayah," ucap Khalilurrahman.

Pihaknya juga sudah memastikan kesiapan hotel-hotel yang akan ditempati jamaah haji tersebut, seperti kasurnya, fasilitas kamar mandinya, termasuk air minum yang disiapkan di masing-masing hotel. 

"Kami bersama-sama dengan para sektor dan tim akomodasi sudah siap menyambut kedatangan jamaah haji," kata dia. 

Terkait dengan layanan konsumsi jamaah haji, lanjit dia, beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah memanggil penyedia konsumsi katering jamaah haji. "Alhamdulillah tahun ini ada 57 penyedia katering dan semunya sudah mengikuti Bimtek tata cara memasak, menyajikan masakan sesuai selera nusantara," jelas Khalilurrahman. 

"Dan kami melihat para juru masak sudah berhasil membuat masakan sesuai dengan selera nusnatara," ucap dia. 

Adapun terkait dengan layanan transportasi, tambah dia, pihaknya juga menyiapkan bus sholawat untuk melayani calon jamaah haji melakukan rangkaian ibadah haji. 

"im bidang layanan transportasi juga sudah menyiapkan layanan bus sholawat yang akan beroperasi menjasi 22 rute dan terbagi menjadi dua terminal, yaitu Terminal Syib Amir dan Terminal Ajyad," kata Khalilurrahman.

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement