Senin 20 May 2024 06:06 WIB

Mulai Pagi Ini, Jamaah Haji Kloter 1 Dipindah dari Madinah ke Makkah

Jamaah akan memakai ihram untuk melaksanakan umroh wajib di Makkah.

Jamaah akan memakai ihram untuk melaksanakan umroh wajib di Makkah. Foto:   Kota Madinah
Foto: Republika
Jamaah akan memakai ihram untuk melaksanakan umroh wajib di Makkah. Foto: Kota Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Karta Raharja Ucu dari Madinah, Arab Saudi

Jamaah haji Kloter 1 yang sudah tiba di Madinah sejak Ahad, 12 Mei 2024 mulai dipindah ke Kota Mekkah, Senin (20/5/2024) pagi. Rencananya pendorongan jamaah dari Madinah ke Mekkah akan dilakukan secara bertahap sampai menjelang puncak haji di Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna).

Baca Juga

Sejumlah jamaah kloter 1 yang sempat ditemui mengaku sudah mempersiapkan barang bawaan yang akan dibawa ke Mekkah. Abdul Hamid (63 tahun) yang tergabung dengan Kloter UPG-001 (Kloter 1 Ujung Pandang) Embarkasih Makassar mengaku barang-barang yang akan dibawa ke koper sudah disiapkan dan masuk koper semua. "Tinggal angkut," kata Abdul Hamid saat ditemui sesaat sebelum Sholat Ashar, Ahad (19/5/2024).

Hamid mengaku tidak berbelanja di Madinah, sehingga barang bawaannya tidak banyak. Kain ihram yang menjadi peranti wajib untuk umroh pun sudah disiapkannya.

 

"Tinggal dipakai dari hotel," kata Hamid.

Jamaah lain yang juga akan berangkat ke Mekkah pada Ahad pagi ini, Siti Rodah asal Lombok. Dia bersama dua rekan lainnya yakni Wilujeng dan Nurrahmi sembari tertawa mengaku jika barang bawaannya bertambah. "Biasa. Mungkin sajadah untuk anak-anak, gelang dan itu-itu saja," kata Nurrahmi sembari tertawa yang diikuti dengan dua rekannya.

Tapi Nurrahmi berkata tidak menambah koper untuk oleh-oleh. "Ndak, hanya dua koper itu saja," ucap Siti Rodah.

Sementara persiapan untuk sang suami, ketiganya juga kompak jika bapak-bapak sudah menyiapkan barang bawaannya sendiri-sendiri. "Mandiri mereka. Menyiapkan semuanya sendiri, kan berbeda kamar juga," ucap Nurrahmi.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah akan mendorong jamaah haji gelombang pertama 2024 dari Kota Madinah Al Munawwarah ke Makkah Al Mukarramah, Senin (20/5/2024). Sebelum ke Mekkah, jamaah dari Madinah diminta memakai kain ihram dari hotel dan mengambil Miqat Umrah di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement