Selasa 30 Apr 2024 12:45 WIB

Benarkah Angelina Jolie Bela Muslim dan Palestina Hingga Menyeru Dunia Lawan Israel?

Berikut ini fakta tentang kutipan dan pemikiran Jolie mengenai perang Israel-Hamas.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Angelina Jolie
Foto: AP
Angelina Jolie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 28 April 2024, seorang pengguna di X (yang sebelumnya bernama Twitter) memposting meme kutipan yang mengklaim aktor pemenang Oscar Angelina Jolie pernah berkata seperti ini.

"Orang Arab dan Muslim bukanlah teroris. Dunia harus bersatu melawan Israel."

Baca Juga

Dilansir dari laman Snopes pada Selasa (30/4/2024), Snopes menjelaskan tidak menemukan bukti yang dapat dipercaya bahwa Jolie pernah mengucapkan kata-kata tersebut, dan dia juga tidak mengatakan apa pun yang mirip dengan sentimen tersebut.

Kutipan tersebut pertama kali dilaporkan (diarsipkan) sebagai sebuah kutipan palsu oleh jurnalis BBC Verify Shayan Sardarizadeh, setelah dibagikan oleh pengguna lain pada November 2023. Catatan Komunitas telah ditambahkan ke postingan oleh pengguna lain yang mengklarifikasi kutipan tersebut palsu.

Snopes sebelumnya menghubungi Jolie melalui pesan terbuka di Instagram untuk menanyakan apakah dia bereaksi terhadap kutipan palsu yang dipromosikan secara online.

"Kami (Snopes) akan memperbarui artikel ini jika ada tanggapan yang diterima," kata pihak Snopes.

Dalam cerita ini, kami akan memaparkan semua fakta mengenai sejarah kutipan tersebut, serta pemikiran Jolie mengenai perang Israel-Hamas.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement