Jumat 05 Apr 2024 09:25 WIB

Kabar Kematian Salwan Momika si Pembakar Alquran, Ini Klarifikasi Kepolisian Norwegia  

Kepolisian klarifikasi kabar Salwan Momika tewas di Norwegia

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Salwan Momika, saat membakar Alquran di Stockholm Swedia pada 28 Juni 2024 lalu. Kepolisian klarifikasi kabar Salwan Momika tewas di Norwegia e
Foto: TT NEWS AGENCY/ EPA EFE/STEFAN JERREVANG
Salwan Momika, saat membakar Alquran di Stockholm Swedia pada 28 Juni 2024 lalu. Kepolisian klarifikasi kabar Salwan Momika tewas di Norwegia e

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO — Rumor yang beredar mengenai meninggalnya Salwan Momika di Norwegia telah resmi dibantah oleh Unit Imigrasi Kepolisian Norwegia. Pihak berwenang Norwegia membantah adanya informasi mengenai kematian Salwan Momika. 

Dilansir dari MenaFN pada Jumat (5/4/2024), Menurut Departemen Komunikasi, Unit Imigrasi (PU) Kepolisian Norwegia tidak memiliki catatan kematian Salwan Momika baru-baru ini di Norwegia, hal ini bertentangan dengan spekulasi yang tersebar luas. 

Baca Juga

Salwan Momika menjadi terkenal di Swedia karena membakar Alquran di depan umum beberapa kali dan baru-baru ini mengumumkan kedatangannya di Norwegia, dan dilaporkan mencari suaka. 

Mengingat profil Momika yang kontroversial, berita tentang dugaan kematiannya mendapat perhatian dan daya tarik yang signifikan secara internasional. 

Kemudian Polisi Oslo mengkonfirmasi menerima banyak pertanyaan mengenai rumor kematian Momika tetapi mengklarifikasi bahwa tidak ada informasi yang mendukung klaim tersebut.

Sebelumnya Salwan Momika, pria yang dikenal karena menyelenggarakan acara pembakaran Alquran di depan umum di Swedia, dilaporkan ditemukan tewas di Norwegia. Ia adalah seorang pria Irak anti Islam terkenal yang menjadi viral setelah aksinya itu, kemudian diusir oleh Stockholm, dan diberikan suaka di Norwegia.

Dilansir dari Pakistan Observer pada Rabu (3/4/2024), sebuah laporan tidak resmi menunjukkan bahwa Salwan Momika ditemukan telah meninggal dunia. Kendati demikian, otoritas Norwegia belum mengeluarkan pernyataan apa pun tentang kabar ini.

Kabar meninggalnya Salwan Momika pertama kali diunggah oleh Radio Genoa dalam sebuah postingannya di media sosial X.

“Tubuh tak bernyawa pengungsi Irak dan kritikus Islam Salwan Sabah Matti Momika telah ditemukan di Norwegia. Momika dikenal karena mengorganisir demonstrasi di Swedia di mana dia membakar Alquran di depan umum beberapa kali.”

Tetapi postingan itu kemudian dihapus dari media sosial. kemudian menggantinya dengan menyatakan bahwa “Mereka yang mengumumkan kematian Momika dengan lebih dari 1 juta tayangan menghapus tweet tersebut. Kami sedang menunggu konfirmasi lebih lanjut.”

Bulan lalu, Momika turun ke media sosial di mana dia menyebutkan tiba di Norwegia dan sekarang berada di bawah perlindungan otoritas Norwegia.

Pria garis keras itu bersumpah akan melanjutkan gerakan anti-Islam. Momika mengatakan dia siap apapun resikonya. Dia biasa mengadakan demonstrasi di dekat kedutaan besar negara-negara Muslim untuk memicu kemarahan rakyat. Swedia Menusir Salwan Momika karena membakar Quran

Swedia memutuskan untuk mengusirnya karena dianggap telah memicu kemarahan dan kritik di beberapa negara Muslim, sehingga menyebabkan kerusuhan dan kerusuhan di banyak daerah. Dia saat ini sedang diselidiki oleh pihak berwenang Swedia karena menghasut kebencian terhadap kelompok etnis di Swedia.

Tindakannya dipublikasikan secara luas di Turki, serta negara-negara lain, dan dilaporkan berkontribusi pada penundaan keanggotaan Swedia di NATO. Tindakan kejamnya menyebabkan ketegangan diplomatik yang signifikan.

 

Sumber: menfn, pakobserver

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement