Jumat 05 Apr 2024 05:58 WIB

Marak Kampus di Amerika Serikat Ikut Lawan Kebiadaban Israel, Begini Cara yang Dilakukan 

Kampus di Amerika Serikat rupanya geram dengan perilaku Israel

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi bendera Israel. Kampus di Amerika Serikat rupanya geram dengan perilaku Israel
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Ilustrasi bendera Israel. Kampus di Amerika Serikat rupanya geram dengan perilaku Israel

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Sebuah perguruan tinggi di California telah secara resmi menutup program studinya di luar negeri dengan Universitas Haifa, dalam apa yang dikatakan para aktivis adalah contoh pertama dari lembaga pendidikan tinggi di Amerika yang memberlakukan boikot akademik terhadap Israel.

Dalam siaran pers yang dikirim ke Middle East Eye, tertanggal 1 April, sebuah kelompok yang terdiri dari mahasiswa dan fakultas, yang disebut Suspend Pitzer Haifa, mengatakan administrator di Pitzer College, di Claremont, California, telah memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan Universitas Haifa karena kemitraan tersebut tidak selaras dengan nilai-nilai inti perguruan tinggi tentang tanggungjawab sosial dan pemahaman antarbudaya.

Baca Juga

Penutupan itu, kata kelompok itu, mengikuti kampanye enam tahun di perguruan tinggi untuk mendukung seruan yang dipimpin Palestina untuk perguruan tinggi dan universitas Amerika Serikat untuk mendukung kebebasan Palestina, termasuk kebebasan akademik, dengan menangguhkan hubungan kelembagaan dengan universitas-universitas Israel, karena keterlibatan mereka dalam pendudukan militer Israel, rezim apartheid dan, sekarang, seperti yang diputuskan oleh Mahkamah Internasional (ICJ), genosida yang masuk akal terhadap Palestina.

Menanggapi deklarasi kemenangan langka dan belum pernah terjadi sebelumnya untuk kampanye Boikot Divestasi dan Sanksi (BDS) di akademisi Amerika Serikat, perguruan tinggi merilis pernyataanya sendiri di mana mereka membantah bahwa penutupan program salah satu dari 11 program yang ditutup tahun ini memiliki hubungan dengan boikot akademik.

Dalam pernyataannya yang dirilis pada 2 April, perguruan tinggi hanya akan mengakui bahwa program tersebut adalah salah satu dari hampir selusin program yang dihapus atas kegagalan mereka untuk memenuhi "kriteria tertentu yang diuraikan dalam prinsip panduan perguruan tinggi".

Tetapi pernyataan itu juga menambahkan bahwa meskipun program-program itu dihapus, mereka masih tidak ditutup.

"Program-program ini tidak tertutup untuk siswa Pitzer, juga tidak ada tindakan yang mencerminkan boikot akademik terhadap negara atau institusi pendidikan mana pun," bunyi pernyataan itu.

"Mahasiswa Pitzer mungkin masih menghadiri program-program ini melalui proses petisi yang diawasi oleh Study Abroad dan Komite Program Internasional; program-program tersebut tidak lagi disetujui sebelumnya untuk pendaftaran oleh siswa Pitzer," kata pernyataan itu.

Aktivis mahasiswa di Pitzer mengatakan pesan campuran perguruan tinggi menunjukkan bahwa mereka menolak untuk mengakui bahwa mereka telah menyerah pada tekanan untuk memutuskan hubungan dengan universitas Israel.

Komunikasi internal...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement