Ahad 31 Mar 2024 08:55 WIB

Festival Ramadhan Momen Kenalkan Kereligiusan Sukabumi ke Mancanegara

Ramadhan menjadi bulan suci yang dikhususkan untuk beribadah.

Ilustrasi anak mengikuti kegiatan Ramadhan.
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi anak mengikuti kegiatan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Festival Ramadhan 1445 Hijriah yang digelar Pemkab Sukabumi berkolaborasi dengan salah satu stasiun televisi swasta menjadi momentum untuk memperkenalkan kereligiusan umat Muslim di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Keberadaan media tentunya sangat penting bagi kami dalam upaya mengenalkan berbagai aktivitas religi yang ada di Kabupaten Sukabumi, salah satunya melalui Festival Ramadhan yang dijadikan momentum untuk memperkenalkan kereligiusan Kabupaten Sukabumi ke mancanegara," kata Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman di Sukabumi, Sabtu.

Baca Juga

Menurut Ade, pihaknya mengapresiasi ribuan warga Kabupaten Sukabumi yang tumpah ruah datang ke Masjid Agung Palabuhanratu, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Kedatangan warga yang ingin mendengarkan ceramah atau siraman rohani dari Habib Ahmad Al Habsyi menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Sukabumi masih menjadikan agama sebagai landasan hidup dan membuktikan bahwa yang tinggal di kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini religius.

Ini merupakan wujud kereligiusan Kabupaten Sukabumi sebagaimana tertuang dalam visi Kabupaten Sukabumi yakni terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin.

"Kegiatan seperti ini menjadi motivasi kami untuk membuat berbagai kegiatan serupa dalam upaya menjaga kereligiusan daerah dan diharapkan warga yang datang ke acara ini bukan hanya sekedar mencari hiburan tetapi mendapatkan ilmu," tambahnya.

Selain Festival Ramadhan, Pemkab Sukabumi pun menggelar acara Nuzulul Quran Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2024/1445 Hijriah di Alun-alun Palabuhanratu.

Berbeda dengan tahun sebelum, kegiatan untuk memperingati peristiwa di mana Kitab Suci Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril itu lebih meriah karena dihadiri ribuan warga yang datang dari berbagai wilayah baik dari dalam maupun luar Kabupaten Sukabumi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement