Selasa 19 Mar 2024 08:20 WIB

Cek Nih, Ini Deretan Perusahaan Kurma Dunia yang Dukung Palestina

Konsumen Muslim makin sadar untuk membeli kurma Ramadhan yang bersumber secara etis.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Kurma medjoul.
Foto:

8. The Date Project

Kurma Medjoul dari Date Project bersumber dari Yordania, namun mereka menawarkan opsi “Kurma untuk Palestina” di mana 100 persen keuntungan dari pembelian setiap kaleng disumbangkan untuk menyediakan air minum bersih bagi masyarakat di Gaza.

Sebelum Oktober 2023, The Date Project mendanai tiga pabrik desalinasi di Gaza. The Date Project didirikan pada 2015.

Pada saat itu mereka sedang mencari donasi untuk Al Huda Bakery di Suriah dengan menjual kurma kalengan selama bulan Ramadhan. Saat ini, mereka menjual berbagai macam kaleng kurma untuk berbagai tujuan kemanusiaan.

Mereka juga tersedia di 44 supermarket independen di seluruh Inggris yang dapat Anda temukan di pencari lokasi toko online mereka.

Mengapa penting mendukung merek-merek milik Palestina di bulan Ramadhan ini?

Perusahaan seperti Zaytoun dan Al 'Ard melangkah lebih jauh dari sekadar menjual kurma. Mereka juga membuat inisiatif yang menghubungkan pelanggan dengan produsen kurma Palestina.

“Ramadhan kali ini, kami mengundang semua orang untuk bergabung dengan gerakan kami. Beli kurma Medjoul Palestina dari sumber terverifikasi, ikuti kami di media sosial, dan berpartisipasi dalam berbagai acara yang kami selenggarakan bersama produsen dari Palestina,” kata pihak perusahaan Zaytoun.

“Melalui keterlibatan ini, kami bertujuan menghubungkan konsumen dan produsen etis yang mereka dukung. Bisnis etis seperti yang kami miliki ada karena konsumen semakin berupaya berkontribusi terhadap komunitas global yang lebih adil, berkelanjutan, dan penuh kasih sayang," jelasnya.

Dengan membuat pilihan secara sadar ketika membeli kurma Palestina, para aktivis mengatakan konsumen tidak hanya memastikan petani Palestina dan pemasok milik warga Palestina dibayar secara adil. Hal ini juga berarti konsumen menghindari pendanaan untuk pertanian yang terletak di permukiman ilegal dan lahan pertanian Palestina yang direbut Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement