Rabu 13 Mar 2024 15:30 WIB

Manfaatkan Ramadhan untuk Bantu Pelaku UMKM Berkembang

Pasar Ramadhan tumbuhkan UMKM.

Ilustrasi pasar Ramadhan.
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Ilustrasi pasar Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -Pemerintah daerah(Pemda) di Provinsi Kalimantan Tengah memanfaatkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, salah satunya untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengembangkan usahanya.

Sejumlah pemda memfasilitasi pelaku UMKM untuk menjual produk yang dimiliki melalui penyediaan lapak dagang di lokasi strategis yakni Pasar Ramadhan maupun Festival Ramadhan, di antaranya adalah Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Pemerintah Kabupaten Sukamara, hingga Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca Juga

"Pemkab Kotim memfasilitasi diadakannya Pasar Ramadhan dengan harapan dapat menambah semarak bulan suci bagi umat Islam, serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi," kata Bupati Kotim Halikinnor di Sampit, Selasa.

Dia menjelaskan Pasar Ramadhan merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk mengakomodasi para pedagang, khususnya pelaku UMKM.

Pasar Ramadhan di Kotim telah menjadi tradisi selama bertahun-tahun. Ia berharap Pasar Ramadhan memberi manfaat untuk menumbuhkan dan mengembangkan geliat pelaku UMKM, karena secara tidak langsung kegiatan ini menjadi salah satu media penyebarluasan informasi dan promosi produk UMKM.

Pasar Ramadhan di Kotim tahun ini terbilang lebih ramai dibanding sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pedagang yang meningkat dari kurang lebih 60 pedagang, menjadi 90 pedagang. Belum termasuk pedagang kaki lima (PKL) yang berdatangan dengan gerobak atau perlengkapan masing-masing.

Sama halnya dengan Kotim, Pemkab Sukamara juga menyelenggarakan Pasar Ramadhan karena dinilai mampu berkontribusi terhadap upaya memperkuat pertumbuhan ekonomi dan membantu memasarkan produk UMKM.

Apalagi Pasar Ramadhan ini juga menjadi agenda tahunan yang bertujuan membantu umat Islam dalam menyediakan menu berbuka puasa, kata Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor.

"Semoga dengan adanya pasar ramadhan ini diharapkan dapat mendatangkan berkah bagi seluruh masyarakat," tambahnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk mengakomodasi para pelaku UMKM dalam berusaha, sekaligus sebagai upaya memotivasi kreativitas dalam mengembangkan usaha, sehingga lebih maju serta semakin baik.

Di sisi lain, Pemprov Kalteng menyelenggarakan Ramadhan Festival yang dirangkai berbagai kegiatan dan lomba bernuansa Islami, termasuk Bazar Ramadhan maupun Pasar Takjil Ramadhan untuk membantu pelaku UMKM mendapatkan tempat berjualan sekaligus mempromosikan produknya secara optimal.

Dalam kegiatan ini Pemprov Kalteng menyediakan hingga puluhan tempat atau lapak bagi pelaku UMKM yang hendak berpartisipasi, baik dari sektor kuliner ataupun lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement