Sabtu 13 Apr 2024 00:18 WIB

Waketum MUI Imbau Umat Islam Tetap Jaga Amal Baik Meski Ramadhan Usai

Waketum MUI berharap warga meningkatkan kualitas ibadah.

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengimbau kepada umat Islam di Indonesia tetap menjaga amal baik yang dilakukan pada saat Ramadhan seusai merayakan Idul Fitri.

"Umat Islam hendaknya terus menjaga dan menumbuhsuburkan nilai-nilai yang sudah diajarkan oleh Ramadhan kepada kita," katanya saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis. 

Baca Juga

Anwar menjelaskan, beberapa nilai baik yang perlu dilakukan antara lain adalah agar tetap beribadah dan rajin melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

Kemudian, ia melanjutkan umat Islam di Indonesia juga perlu menjaga nilai-nilai kepedulian dan kebersamaan terhadap seluruh umat, agar senantiasa mampu merekatkan kebersamaan, tidak hanya umat Islam, namun untuk seluruh masyarakat. 

"Terutama dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin, sehingga kehadiran Islam di negeri ini tidak hanya bisa dinikmati oleh umat Islam, tapi juga oleh umat-umat dari agama lain," katanya.

Dengan upaya tersebut, Anwar menyebut persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia dapat terwujud. 

Sehingga, sambungnya, kenikmatan hidup di Indonesia dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Salah satu contoh nyata, ungkap Anwar, adalah empati masyarakat dalam memberi satu sama lain, yang menjadikan masyarakat dapat membeli barang-barang perlengkapan untuk merayakan Idul Fitri. 

"Hal-hal seperti ini hendaknya tetap bisa dijaga dan ditingkatkan, sehingga rasa solidaritas dan kebersamaan di antara keluarga dan warga masyarakat tetap bisa terjaga dan terpelihara dengan baik," kata Anwar Abbas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement