Rabu 07 Feb 2024 14:56 WIB

Dari Alien Sampai Labirin, Ini 3 Misteri di Arab yang Belum Terungkap

Gua Tassili di Aljazair tetap menjadi fakta yang menimbulkan misteri.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pohon darah bersaudara atau dragon blood tree di Pulau Socotra di Samudera Hindia, dekat Teluk Aden.
Foto:

2. Labirin Penjara Qara di Maroko

Penjara Qara terletak di kota Meknes di Maroko tengah, dan sejarahnya dimulai pada abad ke-18 Masehi. Saat ini, penjara tersebut dianggap sebagai salah satu lokasi wisata yang menarik pengunjung dari seluruh dunia.

Penafsiran berbeda mengenai penamaan Penjara Qara yang misterius dan kontroversial, begitu pula pendapat mengenai wilayahnya dan peristiwa yang terjadi di sana. Namun, yang pasti adalah ini adalah penjara yang menakutkan karena digambarkan mereka yang masuk akan tersesat dan mereka yang di luar akan lahir.

Menurut salah satu catatan sejarah, Penjara Qara adalah nama seorang tahanan Portugis yang ahli di bidang teknik dan konstruksi. Tahanan ini mendapat janji dari Sultan Moulay Ismail dari dinasti Alaouite, yang memerintah Maroko pada periode antara 1672 dan 1727 M untuk membebaskan dirinya.

Namun, dengan syarat yaitu dibuatkan untuk sultan bangunan penjara besar yang akan menampung lebih dari 40 ribu tahanan dan tahanan selama periode jihad maritim pada abad ke-18.

Ada penjelasan sejarah lain yang menyatakan nama penjara tersebut berasal dari masa kolonial Perancis pada tahun 1912, ketika otoritas Perancis menggunakan tempat mengerikan ini untuk memenjarakan pejuang perlawanan Maroko. Disebutkan bahwa semula penjaga penjara ini disebut “Qara”, yang kemudian lambat-laun mengalami pergeseran makna yang merujuk ke nama penjara itu sendiri.

Secara historis, Penjara Qara...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement