Rabu 10 Jan 2024 22:53 WIB

Puluhan Rabi Yahudi Menuntut PBB untuk Hentikan Israel

Rabi Yahudi turut peduli terhadap penderitaan Gaza.

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Tentara Israel berjaga di dekat perbatasan Jalur Gaza, di Israel selatan.
Foto: AP Photo/Ariel Schalit
Tentara Israel berjaga di dekat perbatasan Jalur Gaza, di Israel selatan.

REPUBLIKA.CO.ID,  YERUSALEM — Sebanyak 36 rabi Yahudi dan mahasiswa dari organisasi Amerika Serikat membentangkan spanduk, meminta PBB untuk mendesak Israel agar melakukan gencatan senjata.

Mereka juga meminta Presiden Amerika Serikat, Joe Biden untuk mengizinkan resolusi semacam itu disahkan alih-alih memveto mereka di Dewan Keamanan. Dilansir dari TRT World pada Rabu (10/1/2023), mereka melakukan unjuk rasa pada Selasa (9/1/2024), di dalam Kamar Dewan Keamanan PBB. 

Baca Juga

Para peseta aksi terdiri dari Suara Yahudi untuk Perdamaian, Yahudi untuk Keadilan Rasial dan Ekonomi, dan Rabi untuk Gencatan Senjata. Total sebanyak 36 rabi ikut demonstrasi. 

Menurut the Huffington Post, para rabi mendapatkan akses ke gedung sebagai bagian dari tur berpemandu. Di sana, mereka membacakan doa dan meneriakkan dukungan mereka untuk gencatan senjata.

PBB telah menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza yang terkepung, di tengah jumlah korban tewas yang besar yang disebabkan oleh serangan Israel dan invasi darat. 

'Berhentilah memveto perdamaian'

Washington telah memveto resolusi untuk panggilan seperti itu di Dewan Keamanan, mengklaim akan membiarkan kelompok perlawanan Palestina Hamas, yang mengatur Gaza, berkumpul kembali dan membangun kembali. Lebih dari tiga perempat dari 193 anggota Majelis Umum PBB mendukung langkah untuk menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera bulan lalu. 

Para pengunjuk rasa hari Selasa di Perserikatan Bangsa-Bangsa membawa spanduk bertuliskan "Biden: dunia mengatakan gencatan senjata" dan "Biden: Berhentilah memveto perdamaian."

Protes gencatan senjata telah terlihat baru-baru ini di banyak bagian Amerika Serikat, mulai dari dekat bandara dan jembatan di Kota New York dan Los Angeles hingga vigili di luar Gedung Putih dan pawai di Washington dekat US Capitol.

Pada Senin, demonstran menuntut gencatan senjata di kantong yang diblokade, menyela pidato Biden di sebuah gereja di Karolina Selatan. Presiden mengatakan dia telah mendesak Israel untuk mengurangi serangannya dan secara signifikan keluar dari Gaza.

Kelompok-kelompok Yahudi di Amerika Serikat telah terpecah atas tanggapan brutal Israel terhadap serangan kejutan oleh Hamas. Kelompok perlawanan Palestina yang berbasis di Gaza, meluncurkan Operasi Badai Al Aqsa terhadap Israel pada 7 Oktober. 

Baca juga: Istilah Alquran yang Diduga Berarti Kapur Barus Pewangi yang Hanya ada di Jawa dan China

Dikatakan serangan mendadak itu sebagai tanggapan atas penyerbuan Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki dan meningkatnya kekerasan pemukim terhadap warga Palestina yang didukung oleh pemerintah Israel sayap kanan.

CEO Liga Anti-Pencemaran Nama, Jonathan Greenblatt telah menyebut kelompok Yahudi menuntut gencatan senjata di Gaza yang terkepung. 

Israel telah membunuh setidaknya 23.210 orang Palestina, kebanyakan wanita dan anak-anak, dan melukai 59.167, dalam perang brutalnya di Gaza, menurut otoritas kesehatan setempat.

 

 

Sumber: trtworld

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement