Jumat 15 Dec 2023 22:47 WIB

Tentara Israel Nyanyi di Mimbar Masjid Jenin, Turki dan AS Kutuk Provokasi

Israel menyebut tentara tersebut akan didisiplinkan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Tentara Israel bernyanyi-nyanyi di atas mimbar masjid di Jenin, Tepi Barat, Palestina usai melakukan penggerebekan.
Foto:

Pernyataan yang sama dikeluarkan oleh Amerika Serikat (AS), bahwa rekaman tentara Israel melakukan ritual Yahudi di dalam masjid di Jenin tidak pantas. AS mengatakan pada hari Kamis (14/12/2023), bahwa mereka khawatir tentang rekaman media sosial "tidak pantas" yang menunjukkan tentara Israel melakukan ritual Yahudi di dalam sebuah masjid di kota Jenin di Tepi Barat.

"Saya memang melihat video itu. Itu jelas tidak pantas," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam menanggapi pertanyaan oleh Anadolu tentang reaksi AS terhadap rekaman tersebut.

"Kami khawatir ketika kami melihat laporannya," kata Miller.

Ia mengindikasikan bahwa IDF (Pasukan Pertahanan Israel) telah mengumumkan tentara yang terlibat akan didisiplinkan, menyebutnya sebagai langkah yang tepat untuk mereka ambil.

Rekaman video menunjukkan tentara di dalam masjid di kamp pengungsi Jenin menggunakan pengeras suara untuk melafalkan Shema Yisrael, doa sentral dalam Yudaisme. Menjelang akhir klip, tawa terdengar saat pasukan berjalan di luar masjid dan sebuah lagu Hanukkah terdengar dari pengeras suara.

Tidak jelas kapan rekaman itu dibuat, tetapi pasukan Israel terlibat dalam serangan mematikan di Jenin minggu ini yang menyebabkan 11 orang Palestina meninggal, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement