Senin 13 May 2024 15:13 WIB

Rumah Zakat Terjunkan Relawan dan Salurkan Paket Superqurban Bagi Korban Longsor Sumbar

Sebanyak 300 paket Superqurban jadi menu makanan siap saji yang akan disalurkan.

Rumah Zakat menerjunkan tim relawan serta menyalurkan Superqurban untuk Dapur Umum di Pos Utama BPBD Agam dan Tanah Datar.
Foto: Dok. Rumah Zakat
Rumah Zakat menerjunkan tim relawan serta menyalurkan Superqurban untuk Dapur Umum di Pos Utama BPBD Agam dan Tanah Datar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Zakat menerjunkan tim relawan serta menyalurkan Superqurban untuk Dapur Umum di Pos Utama BPBD Agam dan Tanah Datar, pada Sabtu lalu. Sebanyak 300 paket Superqurban jadi menu makanan siap saji yang akan disalurkan untuk beberapa titik wilayah yang terdampak banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi yang terjadi pada Sabtu lalu, di sejumlah wilayah di Sumatera Barat.

Seperti diketahui, bencana banjir lahar dingin dan tanah longsong melanda sejumlah wilayah diantaranya Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang. Berdasarkan info sementara dari BPBD dan TRC Rumah Zakat Action Sumbar yang berada di lapangan, banjir mengakibatkan 41 orang meninggal dunia, 57 luka-luka dan 13 lainnya masih dinyatakan hilang.

Baca Juga

Banjir juga mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak diantaranya 453 rumah, 19 jembatan serta sejumlah sarana ibadah. Selain itu, sebanyak 3198 terpaksa mengungsi.

"Hingga saat ini kami sudah melakukan sejumlah respon cepat diantaranya menerjunkan enam orang relawan, koordinasi dan assesment ke pihak terkait, support dapur umum, aksi bersih-bersih, operasi pencarian korban serta penyaluran 300 Superqurban," ujar Representative Manager Rumah Zakat Sumbar Indrayanto, dalam keterangan tertulis, Senin (13/5/2024).

 

Adapun saat ini sejumlah kebutuhan mendesak masih diperlukan oleh warga, di antaranya makanan siap saji, air mineral, sembako, selimut, matras/tikar, hygiene kits, alat kebersihan, air bersih, pakaian, perlengkapan dapur, serta tikar masjid.

Indra juga mengajak masyarakat untuk turut mendoakan membantu warga terdampak di lokasi, infak peduli bencana dapat disampaikan melalui rumahzakat.org/donasi atau datang langsung ke kantor Rumah Zakat di seluruh Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement