Jumat 15 Dec 2023 09:29 WIB

Video Kelakuan Tentara Israel yang Menghina di Tengah Serangan Gaza Tuai Kecaman

Dehumanisasi dari atas sangat berdampak pada tentara,

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang tentara Israel berjalan di lokasi yang dirahasiakan dekat perbatasan Gaza, Israel, 14 Desember 2023.
Foto:

Dalam sebuah foto, seorang tentara Israel duduk di depan sebuah ruangan di bawah coretan “Pengadilan Rabinik Khan Younis.” Pasukan Israel telah memerangi militan Hamas di dan sekitar kota selatan, tempat militer melancarkan serangan baru pekan lalu.

Di foto lain, seorang tentara berpose di samping kata-kata yang dicat merah di sebuah bangunan berwarna merah muda yang bertuliskan, "Daripada menghapus grafiti, ayo hapus Gaza."

Sebuah video yang diposting oleh tokoh media konservatif Israel Yinon Magal di X, sebelumnya Twitter, menunjukkan puluhan tentara menari dalam lingkaran, tampaknya di Gaza, dan menyanyikan sebuah lagu yang berisi kata-kata, "Gaza telah kita taklukkan. Kami tahu slogan kami, tidak ada orang yang tidak terlibat."

Video yang diambil Magal dari Facebook ini telah dilihat hampir 200 ribu kali di akunnya dan dibagikan secara luas ke akun lain. Magal mengatakan dia tidak mengenal tentara yang terlibat. Namun, laporan AP telah memverifikasi latar belakang, seragam, dan bahasa yang terdengar dalam video tersebut dan menemukan bahwa hal tersebut konsisten dengan pemberitaan independen.

Magal mengatakan bahwa video tersebut menarik perhatian masyarakat Israel karena lagunya yang populer dan karena masyarakat Israel perlu melihat gambaran militer yang kuat. Lagu ini didasarkan pada lagu pertarungan tim sepak bola Beitar Jerusalem, yang penggemar beratnya memiliki sejarah nyanyian rasis terhadap orang Arab dan perilaku gaduh.

Dia mengutuk beberapa video lain yang muncul, termasuk penggeledahan toko mainan, yang tampaknya berada di wilayah utara Jebaliya. Seorang tentara menghancurkan mainan dan memenggal kepala patung plastik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement