Jumat 15 Dec 2023 07:25 WIB

Terus Gempur Palestina, Israel Hadapi Isolasi Diplomatik

Israel mengumumkan kekalahan terburuknya dalam serangan terhadap Palestina.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Masyarakat mengambil bagian dalam demonstrasi pro-Palestina di distrik Eropa di sela-sela Dewan Eropa di Brussels, Belgia, 14 Desember 2023.
Foto: EPA-EFE/OLIVIER HOSLET
Masyarakat mengambil bagian dalam demonstrasi pro-Palestina di distrik Eropa di sela-sela Dewan Eropa di Brussels, Belgia, 14 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Israel mengumumkan kekalahan terburuknya dalam serangan selama lebih dari sebulan pada Rabu (13/12/2023) setelah penyergapan di reruntuhan Kota Gaza. Mereka menghadapi isolasi diplomatik yang semakin besar seiring dengan meningkatnya kematian warga sipil dan memburuknya bencana kemanusiaan.

Dilansir dari Al Arabiya, Kamis (14/12/2023), pertempuran sengit sedang berlangsung di Gaza utara dan selatan, sehari setelah PBB menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pengeboman tanpa pandang bulu, yang dilakukan Israel terhadap warga sipil merugikan dukungan internasional.

Baca Juga

Pesawat-pesawat tempur kembali mengebom sepanjang Gaza dan para pejabat bantuan mengatakan, datangnya hujan musim dingin memperburuk kondisi ratusan ribu orang yang tidur di tenda-tenda darurat. Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza kehilangan tempat tinggal.

Adapun Israel mendapat simpati global ketika melancarkan kampanye untuk memusnahkan kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza setelah para pejuang menyerbu pagar perbatasan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 warga Israel, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang.

Namun sejak itu, Israel telah mengepung daerah kantong tersebut dan menyia-nyiakan sebagian besar wilayah tersebut. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada Rabu setidaknya 18.608 orang telah tewas dan 50.594 orang terluka dalam serangan Israel di Gaza semenjak 7 Oktober. Ribuan lainnya dikhawatirkan hilang di reruntuhan atau di luar jangkauan ambulans.

Sementara di Rafah, di selatan Gaza, tempat ratusan ribu orang mencari perlindungan, jenazah sebuah keluarga yang tewas dalam serangan udara semalam dibaringkan di tengah hujan dalam kain kafan putih yang berlumuran darah, termasuk beberapa anak kecil. Satu, seukuran bayi baru lahir, terbungkus selimut merah muda.

Ahmed Abu Reyash mengumpulkan jenazah keponakannya yang berusia 5 tahun dan 7 tahun. Saat dia berjalan di jalan sambil menggendong salah satu gadis tersebut, seorang kerabat menarik kafan itu dan berteriak: “Ini adalah anak-anak! Anak-anak! Apakah mereka membunuh orang lain selain anak-anak? Tidak! Ini adalah orang-orang yang tidak bersalah! Mereka membunuh mereka dengan tangan kotor mereka!”

Di tenda kemah di Rafah, Yasmin Mhani mengatakan dia terbangun pada malam hari dan menemukan anak bungsunya, yang berusia tujuh bulan basah kuyup. Keluarganya yang beranggotakan lima orang berbagi satu selimut setelah rumah mereka dihancurkan oleh serangan udara Israel. Seorang anak terbunuh dan mereka kehilangan semua harta benda mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement