Jumat 15 Dec 2023 09:29 WIB

Video Kelakuan Tentara Israel yang Menghina di Tengah Serangan Gaza Tuai Kecaman

Dehumanisasi dari atas sangat berdampak pada tentara,

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang tentara Israel berjalan di lokasi yang dirahasiakan dekat perbatasan Gaza, Israel, 14 Desember 2023.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Seorang tentara Israel berjalan di lokasi yang dirahasiakan dekat perbatasan Gaza, Israel, 14 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Tentara Israel mengobrak-abrik rumah-rumah pribadi di wilayah Gaza. Mereka menghancurkan barang-barang di toko mainan dan mencoba membakar persediaan makanan serta air di belakang truk yang ditinggalkan.

Pasukan Israel saling bergandengan tangan, meneriakkan slogan-slogan rasis sambil menari melingkar. Beberapa video viral dan foto-foto tentara Israel yang berperilaku menghina di Gaza telah muncul dalam beberapa hari terakhir. Militer Israel mendapat kecaman internasional atas taktik mereka dan meningkatnya jumlah korban sipil dalam perang di wilayah kantong tersebut.

Baca Juga

Dilansir Al Arabiya, Kamis (14/12/2023), video semacam ini bukanlah fenomena baru atau unik. Selama bertahun-tahun, tentara Israel, dan anggota militer AS serta militer lainnya, tertangkap kamera bertindak tidak pantas atau jahat di zona konflik.

Namun, para kritikus mengatakan video-video baru tersebut, yang sebagian besar diabaikan di Israel, mencerminkan suasana nasional yang sangat mendukung perang di Gaza, dengan sedikit empati terhadap penderitaan warga sipil Gaza.

"Dehumanisasi dari atas sangat berdampak pada tentara," kata juru bicara kelompok hak asasi manusia Israel B’Tselem Dror Sadot yang telah lama mendokumentasikan pelanggaran Israel terhadap warga Palestina.

Video-video tersebut tampaknya diunggah oleh tentara sendiri selama berada di Gaza. Salah satunya, tentara mengendarai sepeda melewati reruntuhan. Di foto lain, seorang tentara memindahkan sajadah ke kamar mandi.

Dalam foto lainnya, seorang tentara memfilmkan kotak-kotak pakaian dalam yang ditemukan di sebuah rumah di Gaza. Video lainnya menunjukkan seorang tentara mencoba membakar persediaan makanan dan air yang langka di Gaza.

Dalam sebuah foto, seorang tentara Israel...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement