Selasa 05 Dec 2023 23:40 WIB

BMH Terima Penghargaan Sebagai Lembaga Filantropi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

BMH juga aktif mendorong kiprah dai dakwah di masyarakat pesisir.

BMH mendapat anugerah sebagai Lembaga Filantropi Pengembangan Masyarakat Pesisir dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2023
Foto: Dok BMH
BMH mendapat anugerah sebagai Lembaga Filantropi Pengembangan Masyarakat Pesisir dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga besar Laznas BMH kembali bersyukur atas dedikasi dan kepercayaan umat kepada BMH. Pada akhirnya kepercayaan itu membawa lembaga yang berkiprah selama 23 tahun di dunia filantropi ini kembali mendapat anugerah sebagai Lembaga Filantropi Pengembangan Masyarakat Pesisir dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2023 di Ballroom 1 JS Luwansa, Jakarta (30/11) malam.

"Kami semua bersyukur, berterimakasih atas dedikasi para muzakki, donatur, dan mitra kebaikan, termasuk para dai di pelosok dan kepulauan atau pesisir yang tidak kenal lelah membangun masyarakat secara berkelanjutan," ungkap Ketua Pengurus BMH Pusat, Firman ZA di sela-sela acara.

Baca Juga

Spektakulernya anugerah ini BMH terima saat tim Humas turun ke lokasi masyarakat pesisir di Desa Seliliran, Kecamatan Paser Balengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

"Di sana ada Ustadz Abdurrahim. Beliau aktif berdakwah di 7 titik di kecamatan Paser Balengkong dengan menggunakan perahu. Setiap dakwah motornya ya perahu itu. Alhamdulillah masyarakat setempat antusias bahkan anak-anak aktif mengaji di Rumah Qur'an Hidayatullah setempat. Bahkan bersyukur sekali, sekarang sebagian warga rela sholat berjamaah lima waktu meski harus datang dengan perahu," imbuh Firman menegaskan.

 

Sebagaimana arti pesisir yakni suatu wilayah pertemuan antara darat dan laut yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut seperti pasang surut, angin laut, dan perembesan air asin itulah yang dialami masyarakat Desa Seliliran.

"Setiap hari, air sungai di sini pasang surut. Kalau musim kemarau, air asin masuk ke sungai," tegas Firman.

Selain itu BMH juga aktif mendorong kiprah dai dakwah di masyarakat pesisir, seperti di Lingga, Karimun, Batam, Dobo di Maluku, masyarakat Kamundan di Bintuni, Papua Barat, suku terasing di Halmahera-Maluku Utara, masyarakat Pulau Tihi-Tihi di Bontang, dan lain sebagainya.

Penghargaan ini menjadi bukti dedikasi semua elemen yang sejauh ini mendorong BMH terus bermanfaat bagi masyarakat. 

"Insha Allah anugerah ini memacu kami untuk lebih giat dalam pengabdian kepada umat, agama, bangsa dan negara melalui gerakan filantropi Indonsia," tutup Firman.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement